1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Perkebunan Bayu Kidul destinasi baru agrowisata di Banyuwangi

Rencananya Perkebunan Bayu Kidul akan dikelola seperti Cameron Highland di Malaysia.

Bupati Anas menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan kebun cengkeh di Perkebunan Bayu Kidul. ©2016 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Senin, 08 Mei 2017 19:28

Merdeka.com, Banyuwangi - Suksesnya pengelolaan pariwisata oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, rupanya menarik minat perkebunan Bayu Kidul yang terletak di kaki Gunung Raung untuk ikut menyemarakkan destinasi wisata di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java. Perkebunan cengkeh milik swasta ini rencananya akan menjadi salah satu destinasi agrowisata di Banyuwangi.

Bupati Anas Abdullah Azwar Anas menyambut baik bergabungnya Perkebunan Bayu Kidul untuk dijadikan tempat wisata. "Ini bukti pariwisata yang kita kembangkan sukses dan menarik minat pihak swasta dan bergabung meramaikan destinasi wisata kita," ujar Bupati Anas saat mengunjungi perkebunan Bayu Kidul, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

Perkebunan Bayu Kidul yang tepat berada di bawah kaki Gunung Raung ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pengunjung tak hanya dimanjakan oleh pemandangan perkebunan cengkeh saja, hutan pinus serta ladang tebu yang asri. Dijamin akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di sini.

Rencananya Perkebunan Bayu Kidul akan dikelola seperti Cameron Highland di Malaysia. "Ini adalah dampak getolnya Pemerintah Banyuwangi membangun wisata. Sekarang pihak swasta membuka diri, tertarik untuk mengembangkan wisatanya," ujar Anas kepada Merdeka Banyuwangi.

Menurut Pemimpin Perkebunan Bayu Kidul, Sunapsis ini menjadi langkah baik bagi pihaknya untuk turut mengembangkan destinasi wisata daerah. Lokasi yang dekat dengan hutan pinus serta Air Terjun Dewa Raung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sini

"Kita juga nantinya akan menambahkan sejumlah fasilitas pendukung, seperti playground, kolam renang serta pacuan kuda," kata dia.

Menuju Perkebunan Bayu Kidul tidaklah sulit karena jalan telah diaspal. Selama perjalanan menuju area perkebunan. Pengunjung akan melewati jalan berkelok-kelok serta melintasi jembatan yang dialiri sungai berair jernih. Rindangnya hutan pinus juga menjadi daya tarik tersendiri selama perjalanan.

Siap-siap menerima kejutan lainnya, karena setelah tanjakan curam. Mata akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan cengkeh. Gundukan-gundukan bukit tertutup tanaman cengkeh akan menyambut pengunjung sebelum memasuki Perkebunan Bayu Kidul.

Perkebunan Bayu Kidul kini telah dilengkapi aula besar serta homestay yang siap digunakan oleh para pengunjung.

(FF/FF)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA