1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

3 Atlet Indonesia ‎dituntut bisa taklukkan Sirkuit BMX Banyuwangi

"Ada tiga atlet pelatnas kita turunkan. Mereka adalah Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin dan Rio Akbar," kata Dadang.

Atlet Indonesia latihan di Sirkuit BMX Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Jum'at, 01 April 2016 13:55

Merdeka.com, Banyuwangi - Turnamen Banyuwangi International BMX‎ segera digeber Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. Agar bisa mencuri poin menuju Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di Brasil, tiga atlet pelatnas andalan Indonesia dituntut bisa menaklukkan Sirkuit BMX di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.

Tiga atlet BMX penghuni pelatnas itu antara lain; Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin dan Rio Akbar. Ketiga atlet ini, juga dituntut mampu menundukkan atlet-atlet kelas dunia yang sudah tak diragukan kemampuannya.

Maka dari itu, jelang laga pada 2 hingga 3 April besok, tiga atlet pelatnas ini rajin berlatih di Sirkuit BMX Muncar. Sejak datang pekan lalu di Banyuwangi, ketiganya rutin mencoba sirkuit, mempelajari karakteristik Sirkuit BMX Muncar.

Sirkuit milik orang Blambangan ini, konong paling 'angker' dari dua sirkuit milik Indonesia, yaitu Sirkuit BMX di Siak dan Yogyakarta. Jika tak mampu menundukkan keangkeran Muncar, para atlet pelatnas ini akan tergilas dan gagal berangkat ke Brasil.

Pelatih Timnas BMX Indonesia, Dadang Haries Purnomo, mengatakan kompetisi di Sirkuit BMX Muncar ini akan berlangsung sengit, khususnya di kelas Man Elite. "Ada tiga atlet pelatnas kita turunkan. Mereka adalah Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin dan Rio Akbar," kata Dadang, Jumat (1/4).

Khusus bagi ‎Elga dan Toni, lanjut dia, kompetisi ini menjadi kesempatan mereka mengejar poin tambahan agar bisa lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.‎ "Timnas yang turun di kompetisi ini memang atlet pelatnas yang dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade. Kesempatan bagi mereka untuk menambah poin," sambungnya.

Di level dunia, saat ini Elga masih berada di peringkat 37. Sedang Toni masih bertengger di urutan 78.‎ "Di kompetisi ini, Timnas Indonesia akan menghadapi kompetisi yang sangat sengit, khususnya di kategori Man Elite. Sebab pebalap BMX profesional dunia asal Denmark, Jimmy Therkelsen dipastikan ikut lomba," katanya.

Jimmy, diprediksi ‎bakal menjadi kandidat juara di kategori profesional pria ini. "Meski sulit, kami harap Tony bisa dapat poin di sini. Mengingat, selain Denmark, masih ada Thailand, Jepang dan Australia yang juga saingan terberat. Kalau Elga, kita optimis di woman elite bisa curi poin," ujarnya.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA