1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Anak harus dipaksa datang ke perpustakaan agar tumbuh minat baca

Peran perpustakaan di sebuah negara sangatlah penting. Perpustakaan adalah institusi yang turut berperan melestarikan kebudayaan dan ilmu.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 07 Februari 2017 16:47

Merdeka.com, Banyuwangi - Untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa, Pemkab Banyuwangi mewajibkan siswa dari tingkat SD-SMP sederajat berkunjung ke perpustakaan daerah (perpusda) satu pekan dalam sekali. Bukan hanya membaca, mereka juga diminta untuk membuat ringkasan atas buku yang telah dibacanya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kewajiban mengunjungi perpustakaan merupakan salah satu cara mendorong budaya membaca di masyarakat. Membangun budaya baca tidak dapat dipisahkan dari buku dan perpustakaan.

"Di awal memang perlu kita sedikit paksa siswa untuk datang ke perpustakaan, untuk membentuk kebiasaan. Setelah mereka terbiasa dengan rutinitas ini, harapan kami tumbuh minat baca pada tiap siswa," jelas Anas.

Anas menjelaskan, peran perpustakaan di sebuah negara sangatlah penting. Perpustakaan adalah institusi yang turut berperan melestarikan kebudayaan dan ilmu pengetahuan sebuah bangsa. "Perpustakaan itu menggambarkan perkembangan ilmu pengetahuan suatu negara. Apa yang dihasilkan oleh generasi-generasinya, ada di sana," ujar Anas.

Anas menambahkan, kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh minat baca masyarakatnya. Terlebih, saat ini dihadapkan pada kenyataan rendahnya minat baca penduduk Indonesia, termasuk di kalangan anak-anak.

"Seperti yang kita baca dari sejumlah media, data UNESCO menunjukkan pada 2012 persentase minat baca anak Indonesia sekitar 0,001 persen saja. Perbandingannya, hanya satu dari 10.000 anak yang punya kegemaran membaca. Ini tantangan kita bersama," terang Anas.

Karena itu, perlu dilakukan pendekatan khusus untuk menumbuhkan kecintaan siswa pada buku. "Menambah pengetahuan itu kuncinya ya baca buku," jelas Anas.

Anas telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatkan literasi di masyarakat. Dari sisi sarana dan prasarana, selain menyediakan mobil dan motor perpustakan keliling yang bertugas di seluruh wilayah Banyuwangi, pemkab juga mewajibkan di setiap kantor desa diadakan perpustakaan desa. Ada tiga mobil keliling yang setiap harinya mengunjungi sekolah, pondok pesantren dan perguruan tinggi.

"Seiring program Smart Kampung, di tiap kantor desa harus disediakan perpustakaan," kata Anas.

Selain itu, Banyuwangi kini menyiapkan container library yang diletakkan di sejumlah titik strategis. Untuk tahap awal dibangun di dekat Stadion Diponegoro. Kontainer tersebut berisi beragam buku dengan suasana di sekitarnya yang dibangun senyaman mungkin. "Kontainernya sudah datang, sekarang sedang didesain dan ditata isinya. Tahun ini juga akan kita tambah kontainer serupa di sejumlah titik, termasuk di destinasi wisata,” kata dia.

Untuk menambah perpustakaan yang aksesibel bagi publik, Anas juga menginstruksikan perpustakaan milik sekolah untuk dibuka bagi umum. "Kemarin sudah resmi Perpustakaan SMPN 1 dibuka untuk publik. Ini bertahap semua sekolah harus buka perpustakaannya untuk umum,” papar Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Banyuwangi, Abdul Kadir, menambahkan program mewajibkan berkunjung ke perpusda dilakukan sejak bulan Februari 2017. Masing-masing sekolah diwajibkan mengirim 50 – 100 siswanya setiap minggunya.

"Selain membaca buku, anak-anak juga diwajibkan membuat resume buku yang telah dibacanya," jelas Kadir.

(MH/MUA)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA