1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Anas berharap izin pengembangan Wisata Ijen segera diterbitkan

Untuk mengurus proses perizinan ini, Kementerian Pariwisata juga telah membentuk tim terpadu dan telah menyelenggarakan rapat di Banyuwangi.

Menpan RB Asman Abnur dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mendaki di kawasan Gunung Ijen. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 22 November 2016 11:03

Merdeka.com, Banyuwangi - Rencana pembangunan kereta gantung di kawasan Gunung Ijen masih terkendala proses perizinan oleh pemerintah pusat. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pun
telah menginvestasikan dana sebesar Rp 6 miliar di sektor air bersih. "Harapan kami proses perizinan investasi yang sudah hampir lima tahun ini bisa segera mendapat lampu hijau. Sehingga infrastruktur bisa dibangun, termasuk rencana investasi cable car," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Karena merupakan kawasan konservasi, pengembangan kawasan wisata Gunung Ijen harus melihat beberapa aspek keselamatan baik lingkungan dan hal yang bersinggungan dengan masyarakat sekitar. Kedatangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur ke Banyuwangi. Diharapkan bisa membantu mendorong pemerintah pusat segera mempercepat proses perizinan.

"Pak menteri akan ikut membantu bicara di tingkat pemerintah pusat sehingga perizinan bisa cepat selesai. Tentu dengan catatan kawasan ekosistem harus dijaga tetapi bisa dinikmati," kata Anas.

Menurut Anas untuk mengurus proses perizinan ini, Kementerian Pariwisata juga telah membentuk tim terpadu dan sudah menyelenggarakan rapat di Banyuwangi. Namun masih ada kendala lain, salah satunya menunggu percepatan percepatan perizinan dari BKSDA.

Selama kunjungannya, Asman berkesempatan mendaki Gunung Ijen serta melihat keindahan fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia. Selain itu, Asman juga mengamati apa saja kekurangan wisata pendakian Gunung Ijen. Menurutnya di wisata Gunung Ijen perlu banyak tambahan fasilitas seperti toilet, rest area, tempat sampah sampai akses jalan yang perlu diperlebar, "Jalan ini sudah tidak cukup, mungkin harus dilebar dua kali lipat," ujar Asman.

Usai mendaki Asman dan rombongannya akan langsung kembali ke Jakarta untuk mengikuti agenda rapat dengan Presiden Jokowi. Dalam pertemuan tersebut, pihaknya juga akan membantu membicarakan tentang wisata Ijen.

(FF/MUA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA