1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Banyuwangi gelar lomba foto Bandara Hijau, hadiahnya jutaan rupiah

Ini adalah terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Jum'at, 04 November 2016 11:09

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi kembali menggelar lomba foto berbasis media sosial. Setelah tahun lalu menggelar lomba bertema wisata dan budaya, tahun ini lomba serupa digelar dengan tema khusus Bandara Blimbingsari, Banyuwangi.

Mengapa tema itu diangkat? Kabag Humas Pemkab Banyuwangi Juang Pribadi mengatakan, lomba foto ini digelar untuk menyambut hampir rampungnya pembangunan terminal baru berkonsep green pertama di Indonesia. Terminal baru itu tanpa AC dan mempunyai arsitektur unik berkarakter lokal, yaitu mengakomodasi budaya Suku Using (masyarakat asli Banyuwangi).

"Ini adalah terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia. Meski tanpa AC tetap sejuk karena pengaturan sirkulasi udara dan air sedemikian rupa. Terminal baru yang akan diresmikan awal 2017 ini akan menjadi ikon anyar pariwisata Banyuwangi," ujar Juang.

Juang mengatakan, peserta bisa mengambil gambar terminal baru yang kini hampir rampung pembangunannya, atau aktivitas lainnya di bandara, atau landscape persawahan hijau yang mengelilingi bandara. ”Panitia ingin terutama ada foto yang menunjukkan bagaimana landscape hijau di sekitar bandara berpadu dengan terminal bandara yang juga berkonsep hijau,” ujarnya.

Hal tersebut ditekankan, sambung Juang, untuk memberi kesan beda dengan bandara-bandara lain di Indonesia. Di sekitar Bandara Banyuwangi, memang dilarang dibangun bangunan-bangunan. Sekitar bandara difokuskan untuk kawasan persawahan.

"Bupati Anas (Abdullah Azwar Anas) sudah menetapkan kawasan bandara memang tak boleh untuk bangunan-bangunan tinggi, sudah ditetapkan di RTRW. Ini untuk menunjang pariwisata, jadi penumpang turun dari pesawat langsung lihat landscape hijau. Ini posisi yang diambil Banyuwangi, karena kami bukan kota-kota lain yang bandaranya sudah dipenuhi pergudangan di sekitarnya," kata Juang.

Foto dari peserta harus diunggah di Instagram, kemudian di-share ke akun media sosial lain. Hadiah yang disiapkan adalah Rp 12 juta dan akan diundang dalam pembukaan terminal green tersebut yang waktunya masih dijadwalkan. ”Ketentuan lain bisa dilihat di media sosial resmi dan website Pemkab Banyuwangi,” pungkas Juang.

(MH/MH)
  1. Bandara Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA