1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Banyuwangi Ijen Green Run merebutkan hadiah Rp 80 juta

Peserta bisa mendaftar Banyuwangi Ijen Green Run melalui aplikasi Go-tix di Gojek, loket.com dan tiket.com.

Ajang sport tourism Banyuwangi Ijen Green Run. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Senin, 26 Maret 2018 18:26

Merdeka.com, Banyuwangi - Ajang sport tourism Banyuwangi Ijen Green Run akan digelar pada 8 April 2018. Saat ini, sudah ada 300 peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti lomba lari dengan tracking menantang disertai pemandangan indah di lereng Gunung Ijen, di kawasan Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

"Total peserta untuk tahun kemarin ada 400an. Ini sudah ada 300an peserta yang mendaftar," ujar Kabid Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, Alfin Kurniawan, Senin (26/3).

Ajang Banyuwangi Ijen Green Run kali ini bakal melewati rute yang lebih panjang. Kategori jarak 5 kilometer (km) akan ditambah menjadi 6 km, sementara kategori jarak 15 km ditambah menjadi 18 km. Sementara untuk jarak terjauh dari 27 km ditambah menjadi 33 km.

"Kali ini ada konsep baru, untuk anak dibawah 10 tahun ikut dikompetisikan, jaraknya tidak sampai 1 km. Untuk rute, karena tambah jauh, jadi beda perbedaan," kata dia.

Dalam ajang ini, peserta bakal menyusuri hutan pinus, karet, persawahan dan sungai dengan pemandangan Gunung Ijen.

Sejauh ini, kata Alfin, sudah ada 6 peserta dari luar negeri yang mendaftar, di antaranya berasal dari Perancis, Belgia, Austria, dan Australia.

"Tahun kemarin ada 30 peserta bule. Rata-rata mereka ikut yang 18 kilometer," ungkapnya.

Peserta bisa mendaftar Banyuwangi Ijen Green Run melalui aplikasi Go-tix di Gojek, loket.com dan tiket.com.

"Total hadiah saat ini ada Rp 80 juta," jelasnya.

Alfin menambahkan, para peserta tidak perlu khawatir untuk mengikuti ajang Banyuwangi Ijen Green Run, terkait kabar meningkatnya gas beracun di Gunung Ijen. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Ijen untuk memastikan keamanan.

"Ajang ini tidak terkendala dengan aktivitas di Ijen, kami tadi telah konsultasi di pos pantau. Dipastikan aman," ujarnya.

Kepala PPGA Gunung Ijen Bambang Heri Purwanto menjelaskan, saat ini radius aman di Banyuwangi, berada di jarak satu kilometer dari kawah Ijen. Sementara untuk ajang Banyuwangi Ijen Green Run memiliki jarak cukup jauh hingga 13 km dari Gunung Ijen.

"Dinyatakan Aman. Peserta nggak usah kawatir kalau mau ikut. Radiusnya juga jauh, masih ada 13 kilo dari Gunung Ijen, untuk rute di Gunung Meranti (sekitar Gunung Ijen) yang paling dekat," katanya.

(ES/MUA)
  1. Info Kota
  2. Pariwisata
  3. Ijen Green Run
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA