1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bupati Anas buka puasa bersama tetangga lansia dan yatim piatu

"Tetangga itu penting. Islam mengajarkan kita adab dalam bertetangga, dengan memuliakan mereka. Saling berbagi dan menjaga silaturahmi".

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Senin, 28 Mei 2018 11:20

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyempatkan berkumpul bersama para tetangganya, di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi.

Di tengah kesibukannya sebagai bupati, Anas mengundang seluruh tetangga, terutama mereka para janda lanjut usia dan anak yatim piatu. Terdapat ratusan lansia, anak yatim, dan tetangga sekitar yang hadir dalam buka bersama tersebut.

Sebelum buka bersama, Anas mengajak para tetangganya itu untuk selawatan bersama. Usai buka bersama, Anas memimpin Salat Magrib berjamaah.

"Tetangga itu penting. Islam mengajarkan kita adab dalam bertetangga, dengan memuliakan mereka. Saling berbagi dan menjaga silaturahmi, terutama pada tetangga yang membutuhkan seperti janda lanjut usia, anak yatim, dan lainnya," kata Anas, yang didampingi ibu kandung Anas dan istrinya Ipuk Dani Azwar Anas.

Anas mengatakan di Banyuwangi, untuk menjaga silaturahmi dan memuliakan orang tua, telah terdapat program pengentasan kemiskinan terintegrasi yang diberi nama 'Rantang Kasih'. Program ini memberikan makanan bergizi gratis tiap hari kepada warga miskin, terutama lanjut usia (lansia) non produktif. Program ini juga memberikan kesempatan pada masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk bersama-bersama membantu para lanjut usia utamanya yang sebatang kara.

"Untuk menjaga kepedulian dalam masyarakat, dalam program Rantang Kasih ini pemkab menggandeng warung rakyat yang terdekat dengan rumah lansia tersebut, untuk menyediakan makanan bergizi. Harapannya agar tetangga lainnya juga tergugah untuk membantu. Dengan demikian siapa pun bisa membantu mengentaskan kemiskinan di Banyuwangi," kata Anas.

Bupati 44 tahun tersebut mengatakan, meski saat ini lebih banyak berada di pusat kota Banyuwangi dengan segala kesibukannya, ia ingin mengetahui kabar dan bagaimana keadaan para tetangganya.

Anas mengatakan kerukunan dalam bertetangga harus selalu dijaga. "Kerukunan sangat penting bagi kemajuan daerah, mari kita mulai dengan rukun bersama tetangga," tambah Anas.

Usai buka bersama warga, Anas melanjutkan agenda Safari Ramadan dengan ikut salat tarawih bersama di Pondok Fullday Sunan Ampel Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi.

 

(ES/ES)
  1. Abdullah Azwar Anas
  2. Ramadan 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA