1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bupati Anas raih Tokoh Karya Inspirasional 2016

Apa yang dilakukan Banyuwangi ini bisa ditiru juga oleh daerah lain.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Kamis, 01 September 2016 11:41

Merdeka.com, Banyuwangi - Kiprah Bupati Abdullah Azwar Anas dalam memajukan Banyuwangi terus mendapatkan apresiasi. Kali ini Azwar Anas dinobatkan sebagai Tokoh Publik Karya Inspirasional dalam The 5th Indonesia Public Relations Award & Summit (IPRAS) 2016. Ajang penghargaan yang memasuki tahun kelima tersebut diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat di Ballroom Hotel Aston Semarang, Rabu (31/8).

Dikatakan Ketua Harian SPS Ahmad Djauhar, penghargaan tersebut diberikan kepada Bupati Anas karena ia dinilai mampu membawa perubahan. "Banyuwangi yang dulu tak diperhitungkan dalam peta pariwisata dan ekonomi nasional, tapi di bawah kepemimpinan Pak Anas, Banyuwangi bisa mencuat, tidak hanya nasional tapi juga internasional," ungkap Djauhar.

Keterbatasan anggaran, imbuh dia, tak lantas membatasi Banyuwangi untuk maju. Akan tetapi dengan keterbatasan tersebut, Anas bisa mendorong Banyuwangi untuk terus berinovasi. "Artinya, apa yang dilakukan Banyuwangi ini bisa ditiru juga oleh daerah lain. Tidak melulu soal uang," imbuh Djauhar.

Promosi pariwisata berbasis eco-tourism yang dilakukan Banyuwangi melalui berbagai event merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh Bupati Anas. "Satu hal (inovasi) yang menonjol dari Banyuwangi, adalah promosi wisata dengan berbagai event. Sampai-sampai mendapatkan penghargaan internasional. Ini inovasi yang luar biasa," tegas Djauhar.

Sementara itu, Azwar Anas menyatakan penghargaan tersebut menjadi bumbu untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. "Apapun penghargaannya, jika rakyat tak merasakannya secara langsung, itu hanya akan menjadi jargon semata," kata Bupati Anas.

Selain Bupati Anas, penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga mendapatkan penghargaan tokoh karya inspiratif tersebut.

Menteri Arief Yahya yang hadir pada kesempatan tersebut, turut mengapresiasi apa yang telah Banyuwangi raih selama kepemimpinan Bupati Anas. "Sebelumnya, saya ucapkan selamat untuk Pak Anas," tutur menteri asal Banyuwangi itu, sebelum menyampaikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Ketua KPK Saut Sitomorang, Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo. Sejumlah tokoh pers dan akademisi juga tampak hadir.

(MH/MH)
  1. Kisah Inspiratif
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA