1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Cukup tunjukkan KTP, periksa kesehatan di Mall Pelayanan Publik gratis

Masyarakat bisa memerisa adar gula, tensi darah dan kolestrol.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 24 Oktober 2017 14:14

Merdeka.com, Banyuwangi - Masyarakat yang berkunjung ke Mall Pelayanan Publik, Kabupaten Banyuwangi bisa mencoba layanan periksa kesehatan gratis dengan cukup menunjukkan KTP. Terutama untuk periksa kadar gula darah, tensi darah dan kolesterol.

"Cukup dengan syarat bawa KTP saja, hanya untuk memasukkan NIK nya. Yang jaga di sini gantian, bergilir dari 45 Puskesmas di Banyuwangi," ujar Novi petugas jaga layanan kesalahan di Mall Pelayanan Publik, Selasa (24/10).

Selain di Mall Pelayanan Publik, kata Novi, untuk periksa kesehatan gratis masyarakat harus terdaftar sebagai peserta BPJS atau program jaminan kesehatan masyarakat miskin dari Pemkab Banyuwangi. "Kalau di Puskesmas gratis untuk yang punya BPJS. Kalau kategori masyarakat tidak mendapat jaminan masih bayar," ujarnya.

Layanan periksa gula darah dan kolesterol di Mall Pelayanan Publik merupakan program Gerakan Masyarakat Sehat (Gemas) dari Kementerian Kesehatan untuk mencegah angka penyakit tidak menular. Berdasarkan kasus kematian akibat penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, dan jantung meningkat beberapa tahun terakhir.

"Jargonnya olahraga teratur, makan sayur, buah dan pemeriksaan rutin kesehatan penyakit tidak menular. 5 tahun ke belakang, banyak kasus meninggal penyakit tidak menular meningkat," ujar Budi Wahono petugas jaga gilir di Mal Pelayanan Publik dari Puskesmas Gendoh, Banyuwangi.

Sementara masyarakat yang datang ke Mall Pelayanan Publik dan memeriksakan kesehatannya per hari rata-rata 10-15 orang. Harapannya, masyarakat bisa semakin antusias untuk mengetahui berapa kadar gula, tekanan darah dan kolesterolnya, agar bisa segera mengubah gaya hidup yang sehat.

"Paling tidak bisa segera mengubah gaya hidup. Karena itu penyebabnya. Seperti konsumsi kandungan gula berlebih dan kurang olahraga. Gaya hidup pengaruhnya nanti, 5-10 tahun lagi," jelasnya.

Budoyo Said (57), warga Kelurahan Kebalenan, Banyuwangi yang sedang melakukan periksa kesehatan di Mall Pelayanan Publik datang dengan keluhan kepalanya sering pusing. Dia ingin tahu berapa tekanan darahnya.

"Tekanan darah saya 130, masih normal. Tadi ditanya bagaimana gaya hidup saya, mungkin karena kurang tidur," ujar Budoyo.

Tidak hanya periksa kesehatan, di Mall Pelayanan Publik warga bisa sekaligus mengurus berbagai layanan administrasi yang disediakan. Berbagai urusan pembuatan KTP, KK, Surat Keterangan Miskin, SIM, Izin usaha dan 80 jenis administrasi tersedia di Mall Pelayanan Publik.

(MH/MUA)
  1. Kesehatan
  2. Pelayanan Publik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA