1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Datang ke Banyuwangi, Rombongan Kemenpan-RB penasaran Mall Pelayanan Publik

Diah melanjutkan, Banyuwangi saat ini tergolong daerah dengan perkembangan signifikan.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Diah Natalisa bersama Bupati Anas. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Kamis, 02 November 2017 16:57

Merdeka.com, Banyuwangi - Rombongan Kementrian Pembedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memuji langkah inovasi pelayanan publik yang dijalankan di Kabupaten Banyuwangi. Pihaknya mengunjungi sejumlah inovasi layanan seperti ruang tunggu lounge yang nyaman. Serta inovasi terbaru Mall Pelayanan Publik yang sudah melayani 90 lebih jenis administrasi di satu tempat.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Diah Natalisa penasaran ingin melihat langsung bagaimana penerapan Mall Pelayanan Publik di Banyuwangi. "Intinya ingin meihat Mall Pelayanan Publik. Nanti malam juga ada inovasi baru launching retribusi dan bayar pajak secara online," ujar Diah saat keliling melihat fasilitas pelayanan publik, Kamis (2/11).

Diah melanjutkan, Banyuwangi saat ini tergolong daerah dengan perkembangan signifikan. "Jadi daerah role model nasional dari Kemenpan-RB dan sekarang sudah ada tiga Mall Pelayanan Publik di Surabaya, Banyuwangi dan DKI Jakarta," jelasnya.

Ke depan Kemenpan-RB menargetkan daerah-daerah maupun pemerintah provinsi bisa segera mengimplementasikan model pelayanan terpadu di satu tempat tersebut.

Untuk Banyuwangi, mulanya Diah tidak menyangka bahwa model Public Service yang dipelajari di Azerbaijan dan Georgia secara cepat langsung diadaptasi atau diterapkan di Banyuwangi.

"Sebenarnya kan banyuwangi tidak masuk dalam rencana awal. Tapi pak bupatinya yang punya komitmen. Dan sangat surprise kami mendengar bahwa Banyuwangi langsung menerapkan dalam waktu kurang dari seminggu sepulang dari Azerbaijan, karena ingin memberikan yang terbaik," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan, Mall Pelayanan Publik memang segera diterapkan untuk memberikan pelayanan terbaik. Terutama untuk pelayanan cepat, transparan dan bebas Pungli.

"Sekarang adalah era baru, kami mendorong layanan yang bersih, transparan dan akuntabel. Tidak boleh lagi ada pelayanan yang berliku yang dialami oleh masyarakat," kata Anas.

Mal Pelayanan Publik Banyuwangi saat ini telah melayani lebih 90 jenis administrasi. Mulai dari kependudukan seperti akte kelahiran dan kematian, kartu identitas anak, KTP, beragam jenis izin, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, pelayanan izin terkait kendaraan di SAMSAT, perpanjangan SIM hingga pembayaran retribusi daerah.

(FF/MUA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA