1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Erupsi Gunung Agung Bali, Jumat pagi Bandara Banyuwangi masih beroperasi

"CItilink membatalkan penerbangan setelah berkoordinasi dengan AirNav dan BMKG. Mereka membatalkan karena alasan keamanan".

Nam Air launching. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Jum'at, 29 Juni 2018 11:18

Merdeka.com, Banyuwangi - Erupsi dari letusan Gunung Agung, Bali berdampak ditutupnya Bandara Ngurah Rai, Bali. Namun tidak demikian halnya dengan Bandara Banyuwangi.

Andry Lesmana, Asisten Manajemen of Maintenance Facility, Angkasa Pura II di Banyuwangi, selaku pengelola Bandara Banyuwangi mengatakan, Bandara Banyuwangi tetap dibuka, namun ada penerbangan yang batal.

"Bandara Banyuwangi tetap buka, kami masih menunggu keputusan lebih lanjut," kata Andry, Jumat (29/6).

Namun menurut Andry, akibat kejadian ini, dua penerbangan yang menuju ke Banyuwangi mengalami cancel. Pembatalan dilakukan oleh pihak maskapai. Penerbangan Jakarta-Banyuwangi oleh Citilink, yang seharusnya 05.30, dibatalkan oleh pihak maspakai.

Selain Citilink satu maskapai lainnya, Garuda Indonesia yang melakukan penerbangan Surabaya-Banyuwangi, Return To Base (RTB). RTB merupakan kondisi pesawat diharuskan untuk kembali ke bandar udara awal di mana pesawat itu berangkat setelah mengudara (airborne).

"CItilink membatalkan penerbangan setelah berkoordinasi dengan AirNav dan BMKG. Mereka membatalkan karena alasan keamanan, sedangkan Garuda melakukan RTB, karena keputusan dari pilot," kata Andry.

Garuda melakukan take off dari Surabaya pukul 05.55, dan seharusnya tiba pukul 07.00. Namun pilot memutuskan untuk kembali ke Surabaya.

Meski demikian, satu maskapai, NAM Air, dari Jakarta menuju Banyuwangi, berhasil mendarat di Bandara Banyuwangi sesuai jadwal. NAM Air berangkat dari Jakarta pukul 06.05 dan tiba di Banyuwangi pukul 07.45.

"Nam Air tadi juga berhasil take off dari Banyuwangi pukul 08.15," katanya.

(ES/ES)
  1. Bandara Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA