1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Fragmen 'the Sunrise of Java' warnai Karnaval Pelajar dan Mahasiswa

Di karnaval ini, pelajar dari SMP Negeri 2 Kalipuro berkesempatan menampilkan fragmen menarik tentang program Bupati Azwar Anas.

Karnaval Pelajar dan Mahasiswa. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Sabtu, 20 Agustus 2016 15:26

Merdeka.com, Banyuwangi - Setelah Karnaval Sepeda Hias pada 11 Agustus dan dilanjutkan Pawai Lampion tiga hari berikutnya, giliran Karnaval Pelajar dan Mahasiswa unjuk kebolehan di hadapan Wakil Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Yusuf Widiatmoko, Sabtu (20/8).

Karnaval Pelajar dan Mahasiswa se Banyuwangi ini juga merupakan bagian dari rangkaian Festival Merdeka, menyambut HUT RI ke-71. Sementara Festival Merdeka sendiri, masuk agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016.

Di karnaval ini, pelajar dari SMP Negeri 2 Kalipuro berkesempatan menampilkan fragmen menarik tentang program yang digagas Bupati Abdullah Azwar Anas, yaitu menjaga lingkungan the Sunrise of Java.

Pada fragmen tersebut, tiga pemuda berdialog tentang keindahan Banyuwangi. Tapi mereka lupa cara menjaganya. Bahkan ketiga pemuda ini teramat congkak. Hingga akhirnya ketiganya berhasil disadarkan oleh sekumpulan pemuda lain dengan pelbagai program yang dicanangkan di Banyuwangi.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono mengatakan karnaval kali ini diikuti oleh pelajar-pelajar dari SMP, SMA dan Perguruan Tinggi (PT) se-Banyuwangi.

"Mereka akan menunjukkan karakter yang sudah dibangun di lingkungan sekolah masing-masing dalam rangka menumbuhkan semangat nasionalisme," terang Sulihtiyono saat membuka acara.

Dan untuk mengembangkan kemampuan, lanjut Sulihtiyono, para pelajar butuh wadah. "Di karnaval ini, para pelajar juga akan menunjukkan kemampuannya sebagai generasi masa depan Banyuwangi," ucapnya.

Selanjutnya, Wabup Yusuf Widiatmoko mengangkat bendera, sebagai tanda melepas kontingen. Pasukan Marching Band tampil di barisan pertama disusul SMP Negeri 2 Kalipuro yang menampilkan atraksi recycle.

Ada juga yang menampilkan produk batik unggulan milik Banyuwangi, tokoh-tokoh pejuang seperti Jendral Soedirman, RA Kartini, dan lain sebagainya. Antraksi-atraksi budaya khas Banyuwangi juga mewarnai karnaval ini.

Selanjutnya, pada 26 Agustus mendatang, Festival Merdeka akan menampilkan Gebyar Merah Putih dan Gerak Jalan Tradisional pada 27 Agustus, yang sekaligus menjadi penutup rangkaian Festival Merdeka tahun ini.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA