1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Hari ini Anas presentasi di hadapan 140 wali kota se-Malaysia

Pemerintah Kuala Lumpur menilai perkembangan Banyuwangi maju di bawah kepimpinan Bupati Anas.

Bupati Anas. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Rabu, 09 Agustus 2017 12:34

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dijadwalkan hari ini akan menemui 140 wali kota se-Malaysia di Kuala Lumpur dalam kegiatan Mayor Caucus, Rabu (9/8). Anas diundang untuk berbagi pengalaman terkait pengembangan Kabupaten Banyuwangi dan berbagai inovasi di tengah keterbatasan.

"Paparan di Malaysia, akan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan seluruh Walikota Kuala Lumpur. Setiap pidato saya selalu promosi pariwisata di Banyuwangi. Materi yang disampaikan seputar inovasi daerah," terang Anas kepada Merdeka Banyuwangi beberapa hari lalu.

Anas melanjutkan, akan memberikan penjelasan detail di bidang pengembangan ekonomi daerah. Seperti strategi perpaduan antara sektor pertanian, UMKM dan pariwisata. Kemudian upaya Pemerintah Daerah terhadap aksesibilitas pengembangan Bandara Banyuwangi. Dari yang semula tidak ada penerbangan, saat ini sudah ada empat kali penerbangan dalam sehari, dan direncanakan akan bertambah menjadi enam kali sehari.

"Dengan aksesibilitas yang mudah, berbagai peluang pengembangan terbuka, baik untuk pariwisata, dunia usaha, maupun pendidikan," terangnya.

Selain di bidang ekonomi, Anas juga akan menerangkan tentang upaya membuka ruang saling dukung antar daerah dengan bersinergi.

"Dengan sinergi banyak pihak, Banyuwangi berhasil meningkatkan pendapatan per kapita warga dari Rp20,8 juta per orang per tahun menjadi Rp41,46 juta per orang per tahun pada 2016 atau ada kenaikan 99 persen. Angka kemiskinan pun menurunmenjadi 8,79 persen pada 2016," papar Anas.

Anas diundang Pemerintah Kuala Lumpur karena menilai perkembangan Banyuwangi cukup pesat. Meski sebelumnya sama sekali tidak menjadi bagian dari peta kemajuan daerah. "Sebagai daerah terluas di Pulau Jawa, hambatan infrastruktur Banyuwangi sangat besar mengingat keterbatasan anggaran.  Pemerintah Kuala Lumpur mengundang Banyuwangi setelah melihat sejumlah pengembangan yang dilakukan," tambah Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Banyuwangi Rahmawati Setyoardinie.

Dinie melanjutkan, selain berbagi pengalaman, Anas juga akan belajar dari para walikota di Malaysia. Sebelumnya pada Selasa (8/9) kemarin, Anas telah bertemu dengan Menteri Urusan Perdagangan dan Industri Malaysia Dato' Sri Mustapa Mohammed. Kemudian beberapa pihak lain, seperti Executive Secretary Barisan Nasional dan UMNO Youth (Pergerakan Pemuda UMNO), Zaidel Baharuddin. Barisan Nasional adalah koalisi partai penguasa Malaysia yang antara lain beranggotakan UMNO.

(FF/MUA)
  1. Info Banyuwangi
  2. Abdullah Azwar Anas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA