1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Indahnya Pendopo Kabupaten Banyuwangi

Bunker di sisi Timur yang difungsikan sebagai ruang rapat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan tempat istirahat para supir.

Rumah dinas bupati Banyuwangi . ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Sabtu, 30 April 2016 08:33

Merdeka.com, Banyuwangi - Siapa sangka jika rumah dinas bupati Banyuwangi bisa dikunjungi oleh khalayak umum. Adalah Pendopo Sabha Swagata Blambangan, sebuah rumah dinas Bupati Banyuwangi sejak 1771. Dulunya tempat ini adalah kantor pemerintahan kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Pendopo Kabupaten Banyuwangi terletak di Utara Taman Sritanjung. Di dalamnya terdapat beberapa bangunan unik nan asri. Seperti bunker buatan yang berdiri megah di kedua sisi pendopo. Menurut satpol PP yang berjaga di Pendopo, Darmawi bunker-bunker tersebut dibangun sekitar 5 tahun lalu.

Bunker di sisi Timur yang difungsikan sebagai ruang rapat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan tempat istirahat para supir. Sementara bunker di sebelah barat difungsikan sebagai tempat istirahat para tamu kabupaten jika menginap di Banyuwangi.

Rumah dinas bupati sendiri berada di tengah area pendopo, tepat di belakang aula pertemuan. Nuansa di sana terlihat elegan dan nyaman. Sebuah bangunan tua yang tetap dijaga keindahannya dan juga menampilkan sisi arsitektur budaya Jawa.

Di pojok timur areal pendopo terdapat pula rumah adat Osing yang masih berdiri kokoh. Di sana terdapat barang-barang antik khas warga Osing. Seperti meja dan kursi, lemari, gelas-gelas antik, dan lampu tua berumur puluhan tahun.

Suasana asri pun semakin terasa jika Anda menginjakkan kaki di tengah-tengan areal pendopo. Pasalnya terdapat pohon-pohon besar yang cukup rindang. Ditambah dengan paduan lampu-lampu taman yang menambah suasa romantis jika malam hari.

Hapir setiap minggunya, Pendopo Kabupaten Banyuwangi didatangi banyak tamu pemerintahan atau pun masyarakat yang ingin mengetahui seluk-beluk di sana. Dari awal tahun 2016, hampir setiap hari masyarakat Banyuwangi maupun dari luar kota berkungjung untuk mengetahui megahnya kediaman sang bupati.

"Suasananya enak di sini, tidak salah jika dijadikan tempat perjamuan untuk tamu-tamu dari luar kota dan negeri," ujar salah satu pengunjung dengan bangga. Masyarakat dapat berkunjung di Pendopo Kabupaten Banyuwangi kapan pun dari jam 09.00 WIB hingga sore hari.

 

(MT/SR)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA