1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Jelang lebaran, Mendag periksa stok dan harga di Pasar Blambangan

"Stok daging, beras, gula, minyak, bawang putih, semua aman. Harga juga stabil," kata Enggar.

Menteri Perdagangan sidak pasar di Banyuwangi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 20 Juni 2017 11:59

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita melakukan kunjungan ke Pasar Daerah Belambangan, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (20/6).

Dalam kunjungannya ini, Enggar keliling ke sejumlah lapak pedagang. Pasar Daerah Blambangan, melihat kondisi kecukupan suplai komoditi pangan dan keseimbangan harganya.

"Stok daging, beras, gula, minyak, bawang putih, semua aman. Harga juga stabil," kata Enggar kepada Merdeka Banyuwangi.

Stabilitas harga kebutuhan pokok selama Bulan Ramadan dan Lebaran sudah dipersiapkan sejak awal tahun 2017. Beberapa komoditas seperti bawang putih dan daging, masih impor dari India. Namun, saat ini untuk komoditas beras dan jagung sudah bisa terpenuhi dari produksi lokal.

"Seperti jagung tahun lalu kita masih impor. Sekarang sudah bisa mandiri," ujarnya.

Enggar sendiri mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang telah berani membatasi izin pendirian usaha mal dan pasar waralaba.

"Karena mulai pedagang warung, dan pegang pasar harus mendapatkan akses sama, dan harga sama," ujarnya.

Sementara agar harga kebutuhan pokok bisa stabil, Bulog selama Ramadan juga menggelar lapak di Pasar Daerah Blambangan. Bulog menjual kebutuhan mulai dari bawang putih, gula pasir, tepung minyak goreng dan beras.

"Di sini selisihnya Rp 500 sampai Rp 1000 lebih murah dibandingkan di dalam pasar," ujar Widya, salah satu penjaga lapak Bulog Rumah Pangan Kita.

Dari rumah pangan kita Bulog, gula Rp 11.000 per kilo, minyak Rp 10.500 per liter, beras 2,5 kg Rp 23.500. "Kami buka selama ramadan saja, sampai tanggal 22. Bukanya mulai jam 5 pagi sampai 4 sore," kata Widya.

Dalam kesempatan tersebut, harga komoditi seperti daging sapi juga di pantai. Selama ramadan, harga daging terus stabil Rp 120 ribu per kilogram.

"Kami bersyukur untuk tahun ini stabil, stok daging lancar," ujar Farisiah salah satu pedagang daging segar.

Sementara itu, sejumlah harga kebutuhan pokok ada yang mengalami penurunan dan kenaikan. Harga cabai besar mengalami kenaikan dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. Sedangkan harga cabai rawit dari Rp 90 ribu jadi Rp 30 ribu. Kemudian bawang merah yang sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu.

"Kalau stok bawang putih Alhamdulillah sekarang sudah banyak. Sebelumnya Rp 40 ribu, sekarang sudah Rp 28 ribu," ujar Rini salah satu pedagang Pasar Blambangan.

(MT/MUA)
  1. Info Banyuwangi
  2. Pasar Tradisional Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA