1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Kemendag akan fasilitasi UMKM Banyuwangi promosi di luar negeri

"Saya cek kualitas produk UMKM Banyuwangi memang oke, jadi tahun ini beberapa UMKM terpilih akan difasilitasi promosi," kata Enggar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Minggu, 05 Februari 2017 09:21

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengapresiasi langkah Pemkab Banyuwangi mendorong batik lokal tampil di ajang berpengaruh seperti IFW, sehingga produk-produk Banyuwangi termasuk batik makin dikenal dan diminati. "Strategi Banyuwangi melibatkan UMKM di ajang nasional seperti ini bisa membuka pasar bagi pelaku UMKM," ujar Enggar dalam jumpa pers peragaan busana Irma Lumiga bertajuk 'Sekar Jagad Banyuwangi' di Indonesian Fashion Week 2017, JCC, Sabtu (4/2).

Menurutnya memang inilah peran pemerintah untuk membuka jalan bagi perajin lokal agar produknya dikenali dan laris. "Saya cek kualitas produk UMKM Banyuwangi memang oke, jadi tahun ini beberapa UMKM terpilih akan difasilitasi Kementerian Perdagangan untuk promosi membuka pasar di luar negeri, antara lain di Abu Dhabi, Taiwan, dan Qatar yang pasarnya sedang tumbuh," kata dia.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, setelah terus dilatih dan dikoneksikan dengan para desainer profesional, kini tiba saatnya perajin batik banyuwangi lebih nasional dan mengglobal.

"Ini merupakan bukti bahwa negara hadir menjembatani dan memfasilitasi para perajin lokal, para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) batik daerah, untuk bisa memperluas pasar dan terlibat dalam rantai pasok industri fesyen nasional," ujar Anas.

Peragaan busana batik Banyuwangi ini dibuka dengan penampilan 50 penari gandrung, tari khas Banyuwangi. Peragaan bertema Sekar Jagad Banyuwangi tersebut dibuka model yang membawakan kebaya berbalutkan jarit khas Banyuwangi. Jarit yang ditampilkan mengusung warna-warni glamour. Kain batik dengan warna kuning emas, merah, dan hijau menjadi warna dominan. Mulai dari busana ready to wear hingga Houte Couture (adi busana) terlihat cantik dalam paduan batik warna-warna glamour.

Desainer Irma Lumiga menambahkan, tema Sekar Jagad Banyuwangi dipilih karena memberi makna keanekaragaman motif batik khas Banyuwangi. "Sekar Jagad Banyuwangi ini menggambarkan keindahan dan keanekaragaman potensi yang mengharumkan Bumi Blambangan," kata Irma.

Motif batik Sekar Jagat, menurut Irma, memiliki aura kewibawaan para pembesar tempo dulu dan para revolusioner di masa perjuangan Kerajaan Blambangan, cikal bakal Banyuwangi. Menyimpan pesan kearifan lokal masyarakat, sebagai warisan luhur yang harus dilestarikan oleh generasi penerus. "Sekar Jagat berisikan ajakan membentuk manusia ke arah ketauladanan," kata Irma yang busana rancangannya telah banyak diekspor ke luar negeri.

(FF/FF)
  1. Info Banyuwangi
  2. Produk UMKM
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA