1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Kini Puskesmas Gitik sediakan layanan terapi bagi ODGJ

Terapi ini diberikan kepada ODGJ ( orang dengan gangguan jiwa) untuk kesembuhan mereka.

Istri Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat berkunjung ke Poli Kesat. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Jum'at, 07 April 2017 17:41

Merdeka.com, Banyuwangi - Bertepatan dengan Hari Kesehatan Dunia, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meluncurkan fasilitas terapi Poli Kembali Sehat (Poli Kesat) di Puskesmas Gitik, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jumat (7/4). Puskesmas ini menyelenggarakan terapi kerja bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Anas mengatakan, pasien dengan gangguan jiwa (ODGJ) membutuhkan penanganan yang komprehensif. Sebab selain membutuhkan pertolongan secara medis, pasien tersebut juga menghadapi tantangan sosial di masyarakat yang harus dihadapi.

“Justru dampak sosialnya cukup serius seperti penolakan, pengucilan dan diskriminasi dari masyarakat. Maka diperlukan langkah selanjutnya bagi mereka setelah menjalani serangkaian pengobatan agar mereka bisa minimal mandiri dan diterima di tengah masyarakat lagi. Salah satunya adalah membekali keterampilan, sekaligus ini untuk terapi kesembuhan,” kata Anas.

Saat ini ada 14 ODGJ yang telah dilatih ketrampilan di Poli Kesat. Mereka dilatih ketrampilan kerajianan tangan seperti membuat miniatur kapal layar, lampu, gantungan kunci hingga tas belanja.

Salah seorang ODGJ yang mengikuti pelatihan adalah Kholidah (43). Perempuan paruh baya ini sebelumnya pernah menjadi pasien di RS jiwa Licin, Banyuwangi pada tahun 2015. Kholidah nampak sedang membuat kerajinan tas bersama-rekan-rekannya. “Saya senang ikut latihan di sini, bisa ketemu teman-teman. Bisa bikin keterampilan, juga buat isi kesibukan,” kata wanita yang kini memiliki kesibukan berjualan bensin eceran di rumahnya.

(FF/FF)
  1. Layanan Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA