1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Kujungi Banyuwangi, 50 Taruna Akademi TNI AL belajar kepemimpinan

Dalam kesempatan itu, Waki Bupati Yususf Widyatmoko pun sempat membeberkan kiat menjadi seorang pemimpin daerah.

Bupati Anas saat menemui Kadet TNI AL di Lounge Banyuwangi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Selasa, 11 April 2017 13:51

Merdeka.com, Banyuwangi - Sebanyak 50 kadet Akademi TNI Angkatan Laut Surabaya melakukan kunjungan ke Banyuwangi. Mereka datang ke Banyuwangi hendak menimba ilmu kepemimpinan langsung dari pemimpin Banyuwangi saat ini. Kunjungan para taruna AAL ini merupakan rangkaian latihan dan praktik navigasi tingkat tiga dengan cara melakukan kunjungan ke beberapa tempat dengan mengendarai kapal laut.

"Sebelumnya kami telah melakukan kunjungan ke Australia, New Zealand, Ambon, Bau-Bau. Banywuangi adalah lawatan kami yang terakhir," ungkap Pelaksana Latihan dan Praktek Akademi TNI Angkatan Laut Letkol (Laut) Muhammad Lukman saat diterima oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko di Lounge Pemkab Banyuwangi, Senin (10/4).

Letkol Lukman melanjutkan, Banyuwangi menjadi salah satu sasaran kunjungan karena para taruna ini dharapkan bisa langsung mendapatkan pembelajaran tentang kepemimpinan. "Sebagai para calon pemimpin bangsa, mereka membutuhkan bimbingan dari para pemimpin yang telah sukses membawa kemajuan, seperti halnya Banyuwangi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Waki Bupati Yususf Widyatmoko pun sempat membeberkan kiat menjadi seorang pemimpin daerah. Salah satunya adalah melihat peluang dan tantangan yang dihadapi daerah. Khusus Banyuwangi salah satu pekerjaan rumah pertamanya adalah membangun wajah yang positif.

"Sekitar delapan tahun lalu, setiap keluar kota, seringkali saya ditanya, dari mana? Dari Banyuwangi. Setelah itu, sudah. Tak ada tanggapan. Beda dengan sekarang, ketika mengatakan dari Banyuwangi, mereka akan menyambutnya dengan antusias," ujar Yusuf.

Hal tersebut karena dalam beberapa tahun masa kepemimpinan duet Anas-Yusuf mampu mengubah wajah dari daerah yang terkenal mistis menjadi daerah yang populer dengan wisata dan inovasinya.

"Dengan imej yang berubah ini, masyarakat Banyuwangi lebih percaya diri dalam membangun daerahnya," kata Yusuf.

Selain mengunjungi Kantor Bupati Banyuwangi, rombongan kadet tersebut mengunjungi Makodim 0825 Banyuwangi serta melakukan sosialisasi tentang akademi TNI Angkatan Laut kepada pelajar Banyuwangi yang bertempat di SMKN 1 Glagah.

"Kita hanya sehari di Banyuwangi, jadi kita manfaatkan benar waktu yang singkat ini sebelum kembali ke Surabaya," ujar Letkol M. Lukman.

(FF/FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA