1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Mahasiswa Uniba ciptakan smart card hindari kecurangan di SPBU

Mahasiswa Jurusan Teknologi Elektro mengatakan, inovasi smart card merupakan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Menristek Dikti 2016.

Teknologi smart card agar hindari kecurangan di SPBU. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Rabu, 19 Juli 2017 16:43

Merdeka.com, Banyuwangi - Mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) memamerkan inovasi teknologi smart card untuk SPBU dalam Festival Teknologi Invatif, di Taman Blambangan, Rabu (19/7).Bila smart card dengan sistem saldo uang digital bisa diterapkan di SPBU. Bisa dipastikan uang kembalian maupun yang lebih dari transaksi Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa teratasi.

"Misalkan saat isi BBM di pom, kadang kembaliannya ada yang Rp 200-300 itu tidak dikembalikan. Kadang juga kalau isinya kelebihan, pihak Pom juga rugi," ujar Tim Penasehat riset, Mahasiswa Uniba, Dirga Wahyu Sumbaliawan kepada Merdeka Banyuwangi, Rabu (19/7).

Cara kerja teknologi smart card ciptaan mahasiswa Uniba
© 2017 merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

Mahasiswa Jurusan Teknologi Elektro ini mengatakan, inovasi smart card merupakan hasil dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Menristek Dikti tahun 2016. Harapannya penemuan ini bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"SPBU sudah digital tinggal nambahin sim card. Sistemnya menggunakan saldo seperti. KRL. Jadi ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi korupsi dengan tidak sengaja," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahun ini memang sengaja memasukan Festival Teknologi Inovatif untuk meningkatkan daya saing generasi muda antar daerah.

"Inovasi teknologi sangat penting untuk meningkatkan persaingan antar daerah," ujar Anas.

(FF/MUA)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA