1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Pekan Ini, festival Banyuwangi kuliner angkat ayam kesrut

"Festival kuliner Banyuwangi menjadi salah satu cara kami untuk mempromosikan kuliner lokal agar semakin dikenal khalayak luas".

ayam kesrut. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Senin, 09 April 2018 16:25

Merdeka.com, Banyuwangi - Banyuwangi terus menggelar sederet festival keren sepanjang bulan April ini. Agenda yang paling dekat adalah Festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) yang bakal digelar pekan ini. Event ini akan digelar bareng dengan Banyuwangi Art Week, di Taman Blambangan mulai 12-15 April.

Pada awal pelaksanaan Festival Bakul, pada Kamis (12/4) siang akan disuguhkan masak bareng oleh ratusan perempuan penghobi masak. Tidak sembarang masakan, namun mereka semua akan masak ayam kesrut yang akan dimeriahkan kehadiran koki nasional. Farah Quinn.

"Festival kuliner Banyuwangi menjadi salah satu cara kami untuk mempromosikan kuliner lokal agar semakin dikenal khalayak luas. Kita ingin kuliner Banyuwangi jadi bagian kuliner nusantara yang disukai banyak orang. Kali ini, kita khusus menampilkan ayam kesrut yang segar rasanya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Ayam kesrut adalah daging ayam kampung muda yang dimasak dengan kuah segar. Rasa gurih kaldu ayam berpadu dengan rasa pedas dan asamnya belimbing wuluh, membuat makanan ini terasa nikmat saat disantap dan dijamin membuat ketagihan. Makanan ini, biasanya dihidangkan panas-panas bersama dengan nasi dan sepotong tempe tebal yang digoreng garing.

"Lewat festival ini kami ingin kuliner ayam kesrut bisa jadi primadona baru kuliner lokal, baik oleh penjual kuliner maupun wisatawan. Seperti rujak soto dan sego tempong yang pernah kita angkat sebelumnya, sekarang mulai banyak bermunculan restauran baru yang menjual dua makanan khas yang menjadi buruan utama wisatawan ke Banyuwangi ini," ujarnya.

Selain ayam kesrut, festival yang digelar kali kelima ini sebelumnya telah mengangkat tema rujak soto, sego tempong, nasi cawuk, dan pecel pitik yang juga merupakan kuliner khas masyarakat Using Banyuwangi.

Festival kuliner ini akan dilangsungkan selama empat hari. Tidak hanya menampilkan ayam kesrut, namun juga di kawasan tersebut akan dimeriahkan pedagang yang menjajakan makanan tradisional Banyuwangi.

"Beragam makanan khas Banyuwangi bisa dinikmati di sekitar Taman Blambangan. Dibuka mulai pukul 11.00 sampai jam 21.00. Jadi, silakan berlibur di Banyuwangi pekan ini untuk menikmati makanan khas Banyuwangi. Wisatawan juga bisa mengintip produk kerajinan Banyuwangi," ajak Anas.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Banyuwangi, Alief Kartiono menambahkan acara puncak Festival Bakul akan dimulai pukul 08.00 WIB. Para peserta masak bareng akan berlomba menyajikan seporsi ayam kesrut untuk dinilai cita rasa, kreativitas, dan higienitasnya.

"Sebelum lomba, peserta akan menyaksikan demo masak ayam kesrut oleh Chef Farah Quinn yang diundang khusus sebagai tamu kehormatan," jelas Alief.

Banyuwangi Art Week sendiri memamerkan beragam produk UMKM daerah yang terdiri atas kerajinan dan produk unggulan khas Banyuwangi.

(ES/ES)
  1. kuliner
  2. Festival Banyuwangi 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA