1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Penting dicatat, Banyuwangi bakal menggelar banyak festival bulan ini

Di bulan itu, Banyuwangi memiliki agenda festival di setiap akhir pekan.

Ilustrasi festival di Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Jum'at, 02 September 2016 15:33

Merdeka.com, Banyuwangi - September Ceria seolah menjadi slogan yang tepat untuk wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di bulan itu, Banyuwangi memiliki agenda festival di setiap akhir pekan.

Pada pekan pertama, 4 September 2016, akan ada Festival Tumpeng Sewu di Desa Adat Kemiren, Glagah, Banyuwangi. Masyarakat di sana memiliki tradisi Tumpeng Sewu yang dilaksanakan seminggu menjelang Idul Adha.

Setiap keluarga yang tinggal di desa wisata tersebut membuat tumpeng pecel pitik yang disajikan di tepi jalan dan dinikmati bersama dengan para pengunjung. Acara akan digelar pada pukul 18.00 WIB.

Selang tiga hari, tepatnya 7 September, festival satu ini wajib didatangi oleh pecinta kopi. Dalam rangka HUT Kelurahan Gombengsari, Kalipuro, Banyuwangi, akan ada Festival Kembang Kopi. Di sana akan ditampilkan tradisi petik kopi yang menjadi warisan turun-temurun.

Setelah memetik biji kopi, prosesi selanjutnya penyangraian, hingga proses menikmati seduhan kopi. Acara tersebut digelar pukul 8.00 WIB.

Selanjutnya pada 10 September 2016, kembali digelar pertunjukan Jazz Gunung dengan tajuk Ijen Summer Jazz Java Banana II. Jazz gunung yang digelar di Kecamatan Licin tersebut menyuguhkan perpaduan keindahan Gunung Ijen dengan alunan musik jazz. Pertunjukan kali kedua ini akan menampilkan musisi kenamaan Indonesia, KUA Etnika feat Trie Utami.

Minggu ketiga bulan September, giliran Pantai Boom Banyuwangi kembali digoyang oleh ribuan penari gandrung dalam Festival Gandrung Sewu. Festival ini menjadi agenda rutin Banyuwangi Festival dari tahun ke tahun. Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan tari gandrung dengan latar lanskap pulau Bali.

Keesokan hari setelah Festival Gandrung Sewu digelar, wisatawan masih disuguhi salah satu festival dengan tradisi melegenda, yakni tari Seblang Bakungan. Seblang merupakan tarian ritual khas suku Osing, Banyuwangi.

Para penari mempercayai Seblang merupakan singkatan dari 'sebele ilang' atau hilangnya kesialan. Sesuai namanya, tari Seblang Bakungan akan dilaksanakan di Desa Bakungan, Kecamatan Banyuwangi pada 18 September 2016.

Pekan selanjutnya, wisatawan akan disuguhi beberapa gelaran yang akan dilaksanakan pada 23 dan 24 September, yaitu Banyuwangi Asian Hijab Festival di Taman Blambangan, Festival Mainan Anak Traditional dan Lalare Osing Concert pada 24 September, dan Festival Arung Kanal Decorative Boat pada 24 hingga 25 September 2016.

(MT/SR)
  1. Info Banyuwangi
  2. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA