1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Perjalanan Yogyakarta-Banyuwangi sekarang bisa ditempuh pakai kereta eksekutif

"Dari sini juga banyak penumpang yang mau ke Jateng (Jawa Tengah), ke Jakarta harus berganti-ganti kereta kelas eksekutif," kata Heri.

Kereta eksekutif Banyuwangi-Yogyakarta. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Sabtu, 01 September 2018 15:42

Merdeka.com, Banyuwangi - Perjalanan langsung menggunakan kereta api Yogyakarta dari dan ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kini bisa dilakukan dengan layanan gerbong kelas eksekutif. Sebelumnya perjalanan kereta api langsung antara dua daerah wisata itu hanya bisa dilakukan dengan gerbong kelas ekonomi KA Sritanjung.

KA Wijayakusuma yang mulai beroperasi hari ini, Sabtu (1/8). Jadwal perjalanan harian dari Cilacap melewati Solo, Yogyakarta, dan Surabaya hingga berakhir di Banyuwangi. Perjalanan memakan waktu selama 17 jam 30 menit, berangkat dari Banyuwangi pukul 11.05 WIB dan 14.10 WIB dari Cilacap. Sedangkan di Yogyakarta ke arah Banyuwangi berangkat pukul 18.16 WIB, dan ke arah Cilacap pukul 23.57 WIB.

Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Heri Siswanto mengatakan kereta itu sebelumnya memiliki relasi Cilacap-Solo. Selain menambah pilihan transportasi ke kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu, perjalanan kereta api diperpanjang hingga Banyuwangi untuk menambah okupansi karena di jumlah penumpang relasi Cilacap-Solo belum maksimal.

"Dari sini juga banyak penumpang yang mau ke Jateng (Jawa Tengah), ke Jakarta harus berganti-ganti kereta kelas eksekutif. Target okupansi dari Banyuwangi di atas 70 persen," kata Heri.

KA Wijayakusuma memiliki 200 bangku di gerbong kelas eksekutif dan 192 bangku di gerbong kelas premium, yakni gerbong jenis baru yang fasilitasnya di atas kelas ekonomi. Tarifnya berlaku batas atas atau maksimal Rp 650 ribu dan batas bawah atau minimal Rp 400 ribu untuk kelas eksekutif. Harga tiket bangku premium antara Rp 220 ribu hingga Rp 550 ribu.

Namun dengan adanya promo untuk kelas premium keberangkatan tanggal 1 sampai 30 September, harga dipastikan yang termurah yakni Rp 220 ribu. Heri berharap masyarakat bisa memanfaatkan moda transportasi kereta relasi baru ini dengan sebaik-baiknya.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko yang melepas keberangkatan pertama KA Wijayakusuma dari Stasiun Banyuwangi Baru mengatakan moda transportasi jurusan Yogyakarta sangat diperlukan Banyuwangi. Hal itu untuk mengiringi perkembangan Bumi Blambangan di berbagai bidang hingga dibutuhkan akses pengunjung yang lebih banyak.

"Transportasi udara, darat maupun laut kita harus terus bertambah. Karena kita butuhkan untuk perkembangan pariwisata. Jadi kereta kelas eksekutif dari Cilacap ini sangat perlu sampai ke Banyuwangi," kata Wabup Yusuf.

(MT/MT) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA