1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Tiba di Banyuwangi, Menteri Rini disambut Bupati Anas di lounge warga

"Ini perlu kami sampaikan pada bu menteri, kalau masyarakat itu perlu dilayani tanpa bertele-tele," kata Anas.

Menteri Rini Sumarno tiba di Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Rabu, 20 April 2016 14:55

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Rini Soemarno dijadwalkan melaunching situs Banyuwangi Mall di Pendopo Shaba Swagata Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu siang (20/4). Situs ini merupakan nama program digital market place yang digagas ‎untuk memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) secara online.

Saat tiba di Banyuwangi sekitar pukul 13.00 WIB, Menteri Rini disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Lounge Pelayanan Pemkab Banyuwangi. Rini diajak Anas melihat-lihat proyek Pemkab Banyuwangi melalui layar monitor yang berjajar di ruangan lounge

"Ini perlu kami sampaikan pada bu menteri, kalau masyarakat itu perlu dilayani tanpa bertele-tele. Masyarakat perlu diberi 'karpet merah'. Di lounge ini, khusus kami sediakan untuk masyarakat," terang Anas pada Rini dan rombongannya.

Anas menyebut, Lounge Pelayanan Pemkab Banyuwangi sebagai rumah rakyat. ‎"Sipapun boleh datang ke sini. Bagi mereka yang datang, akan ditelponkan ke SKPD dan langsung akan ditemui, termasuk saya juga akan datang ke sini," katanya.

Rumah Rakyat ini ‎dibangun bermula dari banyaknya masyarakat datang mengurus dokumen-dokumen penting, tapi harus menunggu dan tertidur di masjid di lingkungan Pemkab Banyuwangi.

"Dulu, banyak warga kleleran tidur-tiduran di masjid karena menunggu pelayanan untuk mengurus surat-surat. Kemudian kita bangun loung ini agar mereka memiliki tempat khusus saat datang ke Kantor Pemkab," ujarnya.

Di tempat ini, tak ada batas antara pejabat dan warga. Semuanya bisa datang, termasuk yang tidak berkepentingan dengan Pemkab Banyuwangi.

"Mereka yang tak ada kepentingan bisa juga ke sini. Mungkin sekadar diskusi, atau ngobrol-ngobrol b‎isa menggunakan tempat ini. Di sini ada makanan yang bisa diambil sendiri, ada tempat khusus santai, juga kami sediakan di sini. Jadi ini adalah rumah rakyat," ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Rini beserta rombongannya bergeser ke pendopo kabupaten bersama Anas untuk meresmikan Banyuwangi Mall. Program Digital Market Place ini, Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) ‎Tbk. Dalam gelar acara tersebut, Bupati Anas akan mendatangani MoU dengan Dirut PT BNI.

Program Digital Market Place sendiri, bertujuan untuk menjembatani pelaku UMKM agar memiliki daya saing kuat dengan memanfaatkan ceruk internet. Sebab trend pengguna internet (netizen) sangat besar, sehingga berpotensi menjadi pasar besar bagi geliat UMKM di Bumi Blambangan.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA