1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Nikmatnya sajian gula aren kelapa muda khas Banyuwangi

Dari pada penasaran, yuk berakhir pekan di Osing Culture Festival Desa Banjar Banyuwangi.

Osing Culture Festival di Desa Banjar Kecamatan Licin Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Sabtu, 07 Mei 2016 11:53

Merdeka.com, Banyuwangi - Menghabiskan long weekend di Banyuwangi jangan lewatkan Osing Culture Festival di Desa Banjar, Kecamatan Licin. Selain memperkenalkan destinasi wisata baru, acara yang digelar sejak kemarin hingga besok akan menampilkan potensi daerah Banjar, yaitu tracking Sadap Nira.

Sadap Nira adalah proses penyadapan atau pengambilan nira (gula aren) dari pohon. Wisatawan akan diajak berkeliling mengitari persawahan dengan pemandangan bak Ubud Bali sekaligus melihat petani menyadap nira.

Proses pembuatan gula aren yang dilakukan secara tradisional
© 2016 merdeka.com/Suci Rachmaningtyas


Selain itu, wisatawan juga akan disuguhi proses pembuatan gula aren yang dilakukan secara tradisional. Lebih istimewanya lagi, pengunjung juga bisa menikmati lezatnya kelapa muda yang dicampur dengan gula aren panas langsung dari tungku.

Acara hari ini akan dihadiri pula oleh Bupati Abdullah Azwar Anas untuk memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa dari daerah sekitar Banjar. Tak hanya itu, acara ke-11 dalam rangkaian Banyuwangi Festival kali ini juga menampilkan berbagai pertunjukan.

Gula aren panas yang dicampur dengan kelapa muda
© 2016 merdeka.com/Suci Rachmaningtyas


Misalnya saja Pencak Banjar yang menjadi tari pembuka acara, tracking Sadap Nira, Sendratari Legenda Sadap Nira, pemutaran video Discovery Banja, hingga jazz performance pada malam hari.

Tak salah jika Anda mengahabiskan akhir pekan di desa Banjar yang  berada di bawah kaki Gunung Ijen tersebut.

(FF/SR)
  1. Pariwisata
  2. Seni dan Budaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA