1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

17 Tahanan kabur, polisi perketat pengamanan di Pelabuhan Ketapang

Polisi menerjukan 75 personel untuk mencari pelaku.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Kamis, 20 April 2017 14:39

Merdeka.com, Banyuwangi - Gabungan personel kepolisian dari Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi (KPT) Kompi Siaga dan Bintara Remaja Polres Banyuwangi melakukan razia di Pelabuhan ASDP Ketapang. Hal ini dilakukan terkait kaburnya 17 narapidana kasus narkoba yang ditahan di Lapas Polres Kota Malang.

Operasi gabungan ini dilakukan oleh 75 personel kepolisian, sejak Rabu malam (19/4) pukul 20.00 WIB. Seluruh kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Bali diperiksa untuk mengetahui kemungkinan adanya narapidana yang sembunyi.

Kabagops Polres Banyuwangi AKP Samsudin didampingi Kapolsek KPT AKP Sudarmaji memimpin razia ini. Sudarmadi menjelaskan, mulai dari angkutan barang dan orang, diperiksa secara teliti.

Seperti para penumpang bus dan travel diperiksa KTP satu per satu untuk memeriksa apakah foto di KTP dengan pemiliknya sama, serta mengidentifikasi apakah sama dengan napi yang kabur. Pihaknya juga sekaligus bertanya apakah bertemu dengan wajah-wajah Napi yang kabur.

"Hasil negatif. Pemeriksaan yang digelar sejak malam hingga pagi tidak menemukan tahanan Polres Malang yang kabur naik angkutan umum menuju Bali. Pelanggaran lain bahkan tidak ada,” terang AKP Sudarmaji.

Operasi khusus ini baru berakhir Kamis (20/4) pagi. Pola pemeriksaan sama, yakni fokus terhadap pencarian tahanan Polres Malang yang kabur melalui atap ruangan sel. Menurut Kapolsek KPT, pelanggaran lain seputar senjata tajam, senjata api, narkoba, dan bahan peledak juga menjadi target operasi aparat gabungan.

“Hasil negatif. Pemeriksaan yang digelar sejak malam hingga pagi tidak menemukan tahanan Polres Malang yang kabur naik angkutan umum menuju Bali. Pelanggaran lain bahkan tidak ada,” terang AKP Sudarmaji.

Razia ini dilakukan sesuai instruksi dari Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto. Pelabuhan Ketapang menjadi kosentrasi yang diawasi karena menghubungkan transportasi Pulau Jawa dan Bali.

"Bisa jadi tahanan yang kabur lari ke timur. Apalagi kasus narkoba, sangat dimungkin Bali menjadi daerah pelarian,” jelas Sudarmaji.

Polsek KPT rutin menggelar razia di pintu masuk maupun keluar Pelabuhan ASDP maupun LCM Ketapang. Terutama ketika ada event internasional di Bali dan ada kasus besar seperti terorisme dan tahanan kabur.

(MH/MUA)
  1. Kriminal
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA