1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Anas keliling TPS di Banyuwangi, pastikan Pilgub Jatim berjalan lancar

Anas juga mengapresiasi sejumlah TPS menghias dengan cara unik untuk menarik minat masyarakat datang ke TPS.

©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Rabu, 27 Juni 2018 16:01

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Banyuwangi. Anas ingin memastikan jalannya Pilgub Jatim berlangsung dengan lancar dan damai.

Di setiap TPS yang disinggahi, Anas memantau perlengkapan pemungutan suara mulai dari surat suara, kotak suara beserta biliknya. Dia juga mengapresiasi sejumlah TPS yang punya cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Seperti di TPS 04 Kampung Mandar, tenda diberi berbagai macam hadiah gratis yang digantung seperti mie instan, sapu ijuk, gelas plastik hingga tempat sampah.
 
"Ini gratis ya, bisa menarik warga datang agar semangat datang ke TPS," ujar Anas usai berdialog dengan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), Rabu (27/6).

Sementara itu, TPS 05 Kelurahan Panderejo dan TPS 09 Singonegaran, Anas beserta rombongan Forpimda mengapresiasi hiasan ornamen barong untuk memikat partisipasi politik. "Setelah saya keliling pelaksanaannya bagus, aman dan berjalan lancar. Saya lihat tadi sejumlah TPS memberikan doorprize dan menghias TPS dengan beragam aksesoris yang antuias yang tinggi. Ini patut diapresiasi. Ini bisa menunjukkan bahwa kesadaran berpolitik warga Banyuwangi semakin meningkat," jelasnya.

Anas sendiri sudah memberikan hak suaranya untuk Pilgub Jatim di TPS lingkungan rumahnya, 04 RT 04/05, Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebalenan. Dalam kesempatan tersebut, Anas datang bersama istrinya Ipuk Festiandani dan anaknya.

Mengajak anak ke TPS, kata Anas, bisa mengajarkan sejak dini bagaimana proses pilkada berlangsung. Saat keliling TPS, Anas sempat bertemu banyak orang tua yang mengajak anaknya ke TPS.

"Misalnya saya ajak anak saya, meski bukan peserta hak pilih, mengajarkan ke anak kita untuk mengenalkan proses demokrasi di sekitar kita. Ini bisa jadi cara untuk demokrasi dengan damai," katanya.

(MH/MUA)
  1. Pilgub Jatim
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA