1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Jelang Pilgub 2018, Bupati Anas minta linmas tak terlibat dukung calon

Peran Linmas yang penting saat pelaksanaan pemungutan suara. Yakni mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS)

©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Senin, 07 Mei 2018 17:22

Merdeka.com, Banyuwangi - Menjelang kesiapan pengamanan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur Juni mendatang, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, meminta Satuan Pelindungan Masyarakat (satlinmas) netral dalam menjalankan tugas. Hal ini diperlukan agar pelaksanaan pilgub berjalan aman dan lancar.  

Hal itu disampaikan Anas, saat mempimpin apel gelar pasukan anggota Satuan Pelindungan Masyarakat (satlinmas), di Taman Blambangan, Senin (7/5). Hadir dalam apel tersebut Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, Wakapolres Banyuwangi, Kompol Oscar Samsudin dan Ketua KPUD Kabupaten Banyuwangi, Syamsul Arifin.

Anas mengatakan, sebentar lagi akan diadakan pilgub dan harus disikapi dengan bijak. Khususnya kepada linmas yang terlibat langsung pengamanan pilgub Jatim.

“Linmas harus netral. Jangan terlibat langsung dalam kampanye mendukung salah satu calon. Meskipun linmas punya hak pilih, tapi harus mengedepankan netralitas. Ini agar tidak mempengaruhi kinerja yang berimbas pada proses pilgub," kata Anas.  

Hal ini, kata Anas, mengingat peran Linmas yang penting saat pelaksanaan pemungutan suara. Yakni mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kotak suara di desa-desa dan kelurahan. "Ini bukan hal yang mudah, dibutuhkan loyalitas, dedikasi dan keberanian yang tinggi. Oleh karenanya, netralitas perlu dijunjung," imbuhnya.

Dalam menjalankan perannya, Anas meminta Linmas untuk bersinergi dengan anggota forum pimpinan kecamatan (forpimka) dan masyarakat di wilayah masing-masing untuk menciptakan suasana aman dan damai selama pilgub. "Laporkan segera kepada aparat kepolisian maupun maupun pihak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tegur dan ingatkan secara santun namun tegas, setiap pihak yang berusaha menggagalkan pelaksanaan pilgub wagub," ujarnya.

"Saya juga harapkan dukungan semua pihak untuk bersama-sama menciptakan stabilitas politik dan ketertiban keamanan di Banyuwangi agar iklim investasi bisa terus terjaga. Jangan sampai hanya gara-gara Pilgub sampai mencederai kondusivitas daerah,” ujarnya.  

Apel gelar pasukan ini diikuti unsur TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan anggota Linmas se-Kabupaten Banyuwangi. Dalam kesempatan ini, Bupati Anas yang didampingi Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) turun ke lapangan untuk menyalami satu persatu peserta apel.

(MH/MUA)
  1. Pilgub Jatim
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
ZONA TURIS