1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Banyuwangi akan bangun bengkel kapal yacht standar internasional

"Karena yacht barang mahal, perlu perhatian khusus. Nanti di Banyuwangi bisa menampung 60 yach yang akan service tiap tahunnya".

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Senin, 12 Maret 2018 16:33

Merdeka.com, Banyuwangi - Produsen kapal yacht dan pesiar PT Lundin, melakukan sinergi dengan PT Pelindo Property Indonesia dan Pemkab Banyuwangi, untuk menyiapkan infrastruktur pembangunan Banyuwangi International Yacht Club di kawasan pantai Marina Boom, Kabupaten Banyuwangi.

Adanya bengkel yacht, Kabupaten Banyuwangi bakal menjadi tempat bekumpulnya para pemilik kapal yacht, sekaligus menambah minat kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

Direktur Pelindo Properti Indonesia Kokok Susanto, mengatakan pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 3.000 meter persegi dengan luas property yang akan dibangun seluas 1.000 meter persegi. Selain bengkel perawatan dan perbaikan yacht, di sana juga bakal di bangun restoran, cafe dan ruang pertemuan.

"Ini masih proses izin pengerukan, kedalaman minimal 4 meter. Setelah selesai, pemancangan, pembangunan ponton. Harapannya akhir bulan ini pemancangan sudah selesai. Proyek bisa selesai enam bulan kemudian. Harapannya bisa mendukung IMF-World Bank," ujar Kokok usai uji kapal cepat yang bakal di ekspor ke Rusia, di pantai Cacalan Banyuwangi, Senin (12/3).

Selama ini, perbaikan kapal mewah yacht di Indonesia, hanya ada di Bali, Surabaya dan Jakarta. Para pemilik yacht, kata Kokok, tidak akan sembarangan memilih tempat untuk perbaikan, karena membutuhkan perlengkapan teknologi yang canggih.

"Karena yacht barang mahal, perlu perhatian khusus. Nanti di Banyuwangi bisa menampung 60 yach yang akan service tiap tahunnya," jelasnya.

Selain itu, Direktur PT Lundin Industry John Lundin mengatakan, pihaknya sudah memiliki kemampuan menjadi produsen kapal pesiar dan yacht ke sejumlah negara di Asia dan Eropa.

"Selain untuk militer kami juga membuat untuk kapal pribadi. Kami spesialis kapal cepat. Kami sudah ekspor ke Skandinavia, Malaysia, dan di seluruh Asia, Dubai, Australia, Thailand, Rusia, Swedia, Nurwegia," ujarnya.

Dari situ, pihaknya juga memiliki banyak tenaga ahli yang lama disekolahkan untuk membuat kapal cepat. SDM tersebut, membuat mereka siap membangun bengkel yacht standar internasional di Banyuwangi.

"Spesial service kapal yacht, Banyuwangi bakal jadi tempat berkumpulnya pemilik yacht," katanya.

 

 

(ES/MUA)
  1. Pariwisata
  2. Abdullah Azwar Anas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA