1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Banyuwangi dipercaya jadi lokasi finish etape jalur terpanjang TDI 2018

"Bagi kami ini merupakan sebuah kehormatan. Banyuwangi pastinya akan ikut menyukseskan even balap sepeda nasional ini," ujar Anas.

Ilustrasi . ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Kamis, 25 Januari 2018 15:13

Merdeka.com, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi bakal mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu tuan rumah dalam ajang Tour de Indonesia (TdI) 2018. Tidak hanya menjadi bagian perlintasan, Kabupaten Banyuwangi dipercaya menjadi lokasi finish pada etape ketiga yang merupakan jarak terjauh dari empat etape.

Mendapat kabar tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan siap mendukung terselenggaranya event yang digelar PB ISSI tersebut. Kepercayaan ini, kata Anas, tidak lepas dari pengalaman Banyuwangi yang sudah rutin menggelar ajang serupa tiap tahun, International Tour de Banyuwangi Ijen sejak 2012.

"Bagi kami ini merupakan sebuah kehormatan. Banyuwangi pastinya akan ikut menyukseskan even balap sepeda nasional ini," ujar Anas, Kamis (25/1).

Ajang balap sepeda ini bakal diikuti 15 tim profesional, baik dalam maupun luar negeri. Etape ketiga Probolinggo-Banyuwangi memang menjadi yang terpanjang bila dibandingkan etape yang lain.

Pada etape ketiga, para pebalap ITdI bakal melintasi jalur utama Probolinggo, Lumajang, Jember dan finish di Banyuwangi dengan jarak 202 kilometer. Ajang yang digelar PB-ISSI ini, akan melintasi Banyuwangi pada 27 Januari besok.

Jarak tersebut memang paling panjang dibandingkan etape pertama, ke dua dan ke empat. Pada etape pertama, dimulai dari Candi Prambanan, Sleman Yogyakarta menuju Ngawi dengan jarak 170 Kilometer. Kemudian etape kedua akan dimulai dari Madiun menuju Mojokerto dengan jarak tempuh 117,7 Kilometer. Setelah finis etape ke tiga di Banyuwangi, selanjutnya etape ke empat di Gilimanuk menuju Denpasar, Bali dengan jarak 162 Kilometer.

"Kami akan menyambut para pebalap dengan berbagai atraksi budaya yang menarik sebagai promosi seni dan budaya daerah," ujar Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi, menambahkan, saat di Banyuwangi peserta TDI akan melintasi bukit Gumitir menuju Kalibaru, Glenmore, Genteng, Srono, Singojuruh, Rogojampi, Kabat dan finish di Taman Blambangan.

Setelah mencapai garis finish di Taman Blambangan dan prosesi awarding bagi para pemenang etape, Pemkab Banyuwangi akan menghibur para pebalap dengan penampilan kesenian dan budaya daerah.

"Sebelum bermalam, mereka juga akan kami ajak gala dinner di Pendopo Banyuwangi sebelum bermalam di hotel. Baru keesokan harinya peserta TDI akan melanjutkan perjalanan menuju Gilimanuk melalui penyeberangan Ketapang untuk melanjutkan etape ke empat atau etape terakhir," kata Wawan.

(MT/MUA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA