1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Kantor Pemkab Banyuwangi jadi tempat wisata untuk anak-anak TK

Kedatangan anak sekolah merupakan proses pengenalan sejak dini untuk mengetahui seperti apa kantor pemerintah.

©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Kamis, 18 Januari 2018 11:56

Merdeka.com, Banyuwangi - Puluhan anak-anak pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi mengunjungi Kantor Pemkab Banyuwangi. Anak-anak diajak jalan-jalan untuk mengetahui ruangan Kantor Pemkab, mulai dari ruang lobi bupati, ruang kerja, ruang rapat, ruangan sekretaris daerah hingga ke ruang pelayanan publik (lounge).

Kepala TK Al-Ikhsan, Yumina Marhaini menjelaskan, kedatangan murid-muridnya merupakan proses pengenalan sejak dini untuk mengetahui seperti apa kantor pemerintah. Anak-anak diajak belajar ke luar untuk melihat langsung, setelah mendapatkan pelajaran materi di kelas.

Wisata edukasi ini, kata Yumina, selalu digelar dalam setiap tahunnya. Ada bermacam-macam instansi yang menjadi lokasi wisata edukasi, mulai Markas Polisi Resort (Mapelres), hingga Pangkalan TNI Angkatan Laut (TNI AL).

"Tapi saat ini yang dipilih Kantor Bupati, tujuannya untuk mengenalkan kepada anak-anak agar mengetahui seperti apa pusat pemerintahan di Banyuwangi," terangnya.

Metode belajar sambil berwisata ini, kata Yumina, dinilai efektif untuk memberikan pengalaman kepada Anak-anak.
"Ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak-anak. Memori ke depannya nanti akan selalu ingat kalau mereka pernah bermain di kantor Bupati," katanya.

Sebanyak 140 anak yang hadir, juga didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Saat pertama kali datang, anak-anak terlihat penasaran ingin segera keliling.
 
Mereka terutama senang saat melihat ruang lounge pelayanan publik. Ruangan yang difungsikan untuk menerima semua tamu ini, memang didesain nyaman. Ada sajian jajanan dan minuman tradisional. Di depannya, juga terdapat kolam ikan beserta air mancur sebagai pemandangan.

Setelah puas keliling gedung Pemkab, anak-anak menghabiskan waktu untuk melihat-lihat ikan sambil foto-foto.

(MH/MUA)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA