1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Rawat kebersihan dan kenyamanan pariwisata, Banyuwangi raih penghargaan tingkat Asean

Penghargaan ini kata Anas, merupakan pengakuan internasional terhadap pariwisata di Banyuwangi.

Penghargaan pariwisata tingkat Asean. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 27 Januari 2018 14:17

Merdeka.com, Banyuwangi - Mengawali tahun 2018, Kabupaten Banyuwangi mendapatkan penghargaan bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara, ASEAN Tourism Standard Award. Penghargaan tersebut diraih Banyuwangi karena berhasil mendapat penilaian tertinggi kategori wisata bersih dan nyaman.

Usai menerima penghargaan, Anas mengucapkan terimakasih kepada pelaku pariwisata dan masyarakat di Banyuwangi yang telah menjaga kebersihan dan kenyamanan destinasi pariwisata.

"Terima kasih untuk masyarakat, terutama komunitas-komunitas yang mengelola destinasi, karena mereka-lah lakon utama dalam mewujudkan destinasi yang nyaman dan bersih,” ujar Anas, saat menerima penghargaan pariwisata tingkat ASEAN di Thailand, Jumat sore (27/1).

Setiap tahun, kata Anas nilai kesadarah kebersihan juga diterapkan di hampir semua sektor, dimulai dari hal terkecil, seperti kebersihan toilet. Dari situ, Anas rutin menggelar Festival Toilet Bersih.

”Kalau infrastruktur pariwisatanya nyaman dan bersih, wisatawan happy. Komunitas warga pengelola destinasi semakin sadar tentang hal ini. Festival Toilet Bersih sudah digelar sejak tiga tahun lalu,” jelasnya.

Penghargaan ini kata Anas, merupakan pengakuan internasional terhadap pariwisata di Banyuwangi. Sementara di tahun 2016, Banyuwangi juga dinobatkan oleh Badan Pariwisata Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) sebagai kawasan dengan inovasi kebijakan pariwisata terbaik dunia 2016.

”Global standard ini penting untuk mendorong kita semua terus berbenah. Memang tujuan forum ASEAN ini adalah memberikan standar baru bagi daerah di ASEAN yang sedang meningkatkan pariwisatanya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda menambahkan, penilaian penghargaan dilakukan ketat berdasar 108 kriteria. 

"Dari 108 kriteria, Banyuwangi mendapat nilai 87,04 persen. Materi penilaian tak hanya tentang kebersihan, tapi semua proses yang mendukung tercapainya situasi nyaman bagi wisatawan," jelas Bramuda.

Penilaian kategori pariwisata yang bersih dan nyaman di Banyuwangi, dilakukan di titik wisata bahari Bangsring Underwater di Kecamatan Wongsorejo dan Pantai Grand Watudodol (GWD) Kecamatan Kalipuro yang makin tertata setelah direnovasi. 

Dua destinasi itu dipilih karena komunitas warganya memiliki visi sama dalam penciptaan lingkungan bersih dan berkelanjutan. 

(FF/MUA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA