1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Sampai H-3 Lebaran, AP II layani 2,1 juta orang naik pesawat terbang

"Jumlah pergerakan penumpang tumbuh 11 persen, sedangkan jumlah pergerakan pesawat tumbuh 5 persen," kata Awaluddin.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Bandara Banyuwangi. ©2018 Merdeka.com Editor : Endang Saputra | Rabu, 13 Juni 2018 14:47

Merdeka.com, Banyuwangi - PT Angkasa Pura (AP) II telah melayani penerbangan 15 ribu pergerakan pesawat terbang yang landing dan take off di 15 bandara yang dikelolanya. Jumlah penumpang tercatat sekitar 2,1 juta orang sejak H-8 sampai H-3 masa mudik Lebaran 2018.

Hal itu disampaikan Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin saat berkunjung ke Bandara Banyuwangi, Rabu (13/6). Dia mengatakan tahun ini ada peningkatan jumlah pergerakan penumpang maupun pergerakan pesawat daripada tahun lalu.

"Dibandingkan dengan hari yang sama tahun lalu, jumlah pergerakan penumpang tumbuh 11 persen, sedangkan jumlah pergerakan pesawat tumbuh 5 persen," kata Awaluddin setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengenai rencana pengembangan bandara.

Diperkirakan sejak H-8 hingga H+8 akan didapati 6,3 juta pergerakan penumpang dan 50 ribu pergerakan pesawat. Tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan pergerakan penumpang meningkat 9 persen dan pergerakan pesawat meningkat 6 atau 7 persen dari tahun lalu selama 18 hari itu.

Libur lebaran dan cuti bersama lebaran yang semakin panjang tahun ini juga memunculkan fenomena baru pada pola arus mudik dengan pesawat. Awaluddin mengatakan tahun ini banyak masyarakat mudik lebih awal dan ada kemungkinan muncul hari puncak mudik kedua jelang lebaran ini.

"Jadwal cuti bersama yang cukup panjang juga memunculkan fenomena dimana pada H-8, H-7, dan H-6 jumlah pemudik cukup tinggi dan sekarang sudah landai,"kata dia.

Dia mengatakan pada masa mudik lebaran tahun ini penumpang pesawat sudah mengikuti pola transportasi darat dan laut, khususnya transportasi laut. Dengan adanya perubahan kecenderungan penumpang itu dia mengatakan akan terus melakukan pengamatan sampai dengan H+8 nanti.

(ES) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Mudik Lebaran 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA