1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Sungai dijadikan tempat selfie sekaligus cegah warga BAB sembarangan

"Itu bisa mengurangi jumlah pengguna BAB di sungai sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar," kata Bramuda.

Kali Lo menjadi spot selfie. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Sabtu, 26 November 2016 15:49

Merdeka.com, Banyuwangi - Hampir satu bulan ini, sepanjang bantaran sungai Kali Lo, Kelurahan Singonegaran, Banyuwangi, sudah tampak lebih nyaman dipandang. Plengsengan dan rumah-rumah di sepanjang sungai Kali Lo dipercantik dengan cat warna-warni.

Kondisi yang tampak lebih bersih menjadikan Kali Lo sebagai destinasi baru, terutama untuk spot foto selfie bersama.

Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, mengatakan hal ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mengajak masyarakat mencintai sungainya. Tidak membuang sampah, limbah dan mengubah perilaku buang air besar di sungai.

"Kampung warna warni bukan hanya didesain untuk keindahan semata, namun pemerintah daerah memiliki strategi bagaimana mengubah mindset warga sekitar untuk selalu hidup bersih. Gang-gang rumah maupun sungai di sekitar mereka," kata Bramuda, Rabu (23/11).

Bramuda mengatakan, upaya tersebut dinilai efektif. Ketika Kali Lo menjadi destinasi spot selfie baru untuk wisatawan, maka akan membuat warga sekitar malu untuk BAB di sungai.

Selain itu, banyaknya pengunjung yang selfie di sana, secara tidak langsung mengajak warga agar wisata kampung warna warni ini selalu bersih. Tentunya dengan timbal balik, bisa meningkatkan perekonomian warga ketika banyak pengunjung datang.

"Itu bisa mengurangi jumlah pengguna BAB di sungai sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar karena kampung warna warni banyak dijadikan tempat selfie baru dan destinasi baru di Banyuwangi," ujar Bramuda.

Saat Merdeka Banyuwangi ke sana, puluhan anak-anak muda terlihat asik ber-selfie. Zainal Arifin, salah satu pengunjung mengatakan, dia penasaran datang dan melihat Kali Lo langsung. "Awalnya tahu dari Sosmed, jadi pengen lihat langsung dan mengabadikan foto di sini," ujarnya.

(MT/MUA)
  1. Info Banyuwangi
  2. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA