1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Tabuh bedug, Bupati Anas resmi buka Festival Ramadan

Agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016 ini bertujuan untuk mengingat kembali tradisi puasa yang mulai punah digerus zaman.

Bupati Anas buka Festival Ramadan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Rabu, 08 Juni 2016 23:29

Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas memukul bedug sebagai tanda pembukaan Festival Ramadan di Stadion Diponegoro, Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Rabu petang (8/6). 

Hadir di acara itu, Wabup Yusuf Widiatmoko, Dandim 0825 Letkol Inf Roby Bulan, Kapolres AKBP Budi Mulyanto serta beberapa tokoh agama setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Anas juga menyematkan penghargaan kepada duta literasi, pegiat literasi, penulis muda dan penulis berdedikasi. Serta memberi santunan kepada sejumlah anak yatim-piatu dan kaum dhuafa. ‎

Dalam pidatonya, Anas mengatakan Festival Ramadan yang masuk agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016 ini bertujuan untuk mengingat kembali tradisi puasa yang mulai punah digerus zaman.

"Dulu waktu saya kecil, bulan puasa kalau tak ada musik patrol rasanya kurang lengkap. Nah, festival ini kita gelar untuk mengingatkan kita masa lalu agar tidak punah," terang Anas. ‎

Anas melanjutkan, Festival Ramadan ini digelar sekaligus sebagai ungkapan asa syukur atas datangnya bulan yang penuh rahmat ini.

"Lewat festival ini, kami suguhkan sejumlah tradisi yang biasa dilakukan umat muslim Banyuwangi selama bulan puasa. Misalnya musik patrol yang biasa digelar warga usai Salat Tarawih hingga menjelang saur, ini kami festivalkan di sini," katanya.

Dalam sambutannya, Anas juga menyinggung soal harga pangan yang merangkak naik selama bulan puasa. Khususnya harga daging sapi yang tak bisa dibendung lagi.

Dalam kesempatan tersebut, mantan anggota DPR/MPR ini mengingatkan warganya agar sementara waktu 'puasa' mengkonsumsi daging. Sebab, harga daging di pasaran saat ini sangat mahal.

"Nah, sebaiknya kita tidak mengkonsumsi daging sementara waktu selama satu bulan ini. Kita makan ikan saja. Nanti, kalau harga daging sudah turun, baru kita makan daging lagi," ujar Anas.

Usai memberi sambutan, jelang buka-puasa bersama, Bupati Anas dan seluruh jajaran Forpimda setempat membuka acara. Dengan menabuh bedug bersama-sama, maka Festival Ramdan 2016 resmi dibuka.

Selanjutnya, tanggal 9 Juni besok, Festival Tartil Alquran akan dimulai hingga 27 Juni mendatang. Kemudian Festival Hadrah Pelajar pada 10 hingga 11 juni, Festival Musik Patrol 26 hingga 27 Juni dan Banyuwangi Islamic Expo mulai dari 9 hingga 18 Juni

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA