1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Tahun ini penumpang isi data diri sebelum naik kapal penyebrang

Hal itu diberlakukan untuk pendataan seluruh pengguna jasa angkutan kapal. Seperti terjadi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Selasa, 12 Juli 2016 13:30

Merdeka.com, Banyuwangi - Ada yang berbeda pada arus mudik lebaran 2016 di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Terlihat beberapa petugas PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang membagikan blanko pendataan penumpang (manifest) kepada calon penumpang, Senin (11/7).

Dalam peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2016,  telah mewajibkan para penumpang di penyeberangan Banyuwangi - Bali agar memengisi data diri. Hal itu diberlakukan untuk pendataan seluruh pengguna jasa angkutan kapal.

Para petugas pembagi blanko manifest tersebut berjumlah kurang lebih 55 orang. Di antaranya adalah relawan dari warga sekitar yang berjumlah 45 orang.

"Kalau relawan dari warga-warga sekitar. PT.ASDP mengambil dari warga sekitar untuk membantu pada musim lebaran kali ini," ujar salah satu petugas resmi PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang, Wisa.

Dalam sehari ribuan blanko manifest didata demi keselamatan para penumpang. Wisa mengatakan bahwa banyak dari calon penumpang yang belum memahami fungsi dari pengadaan blanko manifest yang ia bagikan.

"Belum tahu soal isi blanko ini ya. Baru tahu ini tadi," terang salah seorang calon penumpang, Ahmmad.

Blanko tersebut berisi mengenai tanggal keberangkatan, jumlah penumpang dalam satu kendaraan, nama, umur, jenis kelamin, alamat, nomor passpor, dan nomor polisi kendaraan.

Dalam Permenhub menyebutkan bahwa calon penumpang diwajibkan untuk mengisi blanko identitas diri tersebut sebelum melakukan pembelian tiket. Setelah itu blanko tersebut akan diminta oleh petugas pada tiap kapal yang akan dinaiki oleh si pengendara.

(MH/SR)
  1. Info Mudik 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA