1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

‎Taman Blambangan era lama dan di zaman Bupati Anas

"RTH ini sebenarnya masih bisa dioptimalkan untuk beberapa fungsi lainnya," kata Anas.

Taman Blambangan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Kamis, 07 April 2016 14:51

Merdeka.com, Banyuwangi - Dulu, Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, hanya sekadar alun-alun kota seperti daerah-daerah lain. Namun di era kepemimpinan Bupati ‎Abdullah Azwar Anas wajah Taman Blambanganpun 'dipercantik'.

Tiga tahun lalu, melalui tangan dingin arsitek kondang, ‎Adi Purnomo alias Mamuk, wajah Taman Blambangan diubah menjadi indah, khususnya di malam hari. Taman Blambangan terlihat megah dengan gemerlap lampu-lampu hias di malam hari.

Setelah tiga tahun berlalu, Bupati Anas ingin kembali mengubah wajah Taman Blambangan. Tujuannya agar masyarakat yang beraktivitas di ruang-ruang terbuka hijau (RTH) itu tidak bosan.

Fungsi ruang publik ini akan lebih dioptimalkan lagi. Beberapa fungsi yang akan dioptimalkan adalah fungsi edukasi dan eksibisi. Anas ingin alun-alun kota bukan sekadar tempat berkumpul, tetapi bisa menampung semua aktivitas masyarakat.

'Face off' Taman Blambangan akan dikerjakan tiga arsitek kondang. Kali ini, Mamuk tidak sendiri. Dia akan ditemani Yori Antar dan Sopie Yoladi untuk merevitalisasi taman yang kini telah menjelma menjadi pusat kegiatan, baik pentas seni budaya, olahraga maupun aktivitas sosial lainnya.

"RTH ini sebenarnya masih bisa dioptimalkan untuk beberapa fungsi lainnya. Kita ingin merefresh ruang publik agar masyarakat tidak cepat bosan dan mendapatkan manfaat baru selain yang sudah ada," kata Anas.

Selain mengoptimalkan fungsi edukasi dan eksibisi,‎ Taman Blambangan juga akan didesain ulang agar bisa mengakomodasi pelbagai festival budaya yang digelar Banyuwangi. Anas ingin di Taman Blambangan juga terdapat perpustakaan umum, ada galeri untuk pameran.

Meski akan merombaknya dengan wajah baru, Anas ingin Taman Blambangan tetap mewakili karakter Banyuwangi. Untuk itulah dia melibatkan tiga arsitek berpengalaman.

Rencananya, Taman Blambangan akan dibuat seperti plaza dengan dua tingkat, yang terintegrasi dengan bangunan-bangunan sekitarnya seperti Bangunan Inggrisan, Gedung Juang‎, pasar dan beberapa bangunan lain di sekitar Taman Blambangan.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA