1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Rasakan sensasi arung jeram di X-Badeng Banyuwangi

"Keren dan memacu adrenalin. Terutama river tubing, lebih menantang dan lebih asyik," terang Andika.

Arung Jeram di Banyuwangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Kamis, 07 April 2016 14:26

Merdeka.com, Banyuwangi - Satu lagi destinasi wisata di Banyuwangi yang patut didatangi oleh wisatawan. X-Badeng atau kali (sungai) Badeng di Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Di sana terdapat wisata susur sungai yang menyajikan beragam alat arung jeram.

Dengan arus sungai cukup deras, pengunjung dapat memilih tipe arung jeram sesuai keinginan. Misalnya saja rafting, river tubing, river boarding dan kayak. Menurut pengelola X-Badeng, Sutarji, jika musim penghujan datang pengunjung bisa merasakan sensasi lebih dahsyat.

Sejak 2011, nama X-Badeng sudah dikenal wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Para pengunjung datang dari Situbondo, Lumajang, Jember, hingga Sidoarjo. Tak terkecuali pengunjung dari Banyuwangi sendiri.

"Keren dan memacu adrenalin. Terutama river tubing, lebih menantang dan lebih asyik," terang Andika kepada Merdeka Banyuwangi, Sabtu (2/4).

Lokasi X-Badeng sekitar 30 km dari pusat Kota Banyuwangi. Di sana, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya homestay, doomstay, camping ground dan trail adventure. Selain itu, pengunjung tentunya tak perlu khawatir dengan keselamatan saat berarung jeram sebab helm dan pelampung menjadi fasilitas wajib untuk keselamatan peserta.

Wisata X-Badeng didirikan oleh komunitas pemuda Dusun Sumberbulu. Mereka berinisiatif untuk pelesatarian alam dan pemanfaatan potensi desa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Para pemuda di sana melihat potensi sungai dengan jarak tempuh 9 km sangat menantang.

Menurut Sutarji selaku ketua komunitas, destinasi penunjang di sekitar area X-Badeng juga tak kalah menarik. Seperti air terjun Badeng, air terjun Lider, air terjun Selendang Arum dan Rowo Bayu. Selain itu, pengunjung dapat menjumpai para penjaja buah durian di sepanjang jalan di desa Sumberbulu pada bulan Maret hingga Mei mendatang.

 

(MT/SR)
  1. Wisata Alam
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA