1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Warga pesta buah secara gratis di Agro Expo 2018 Banyuwangi

"Agro Expo yang kami adakan tidak hanya display aneka bibit atau buah-buahan seperti di tengah alun-alun," kata Anas.

Agro Expo 2018 . ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 17 Juli 2018 16:27

Merdeka.com, Banyuwangi - Banyuwangi Agro Expo 2018 diserbu pengunjung. Pameran pertanian Banyuwangi ini makin semarak saat warga yang datang pesta makan buah lokal secara gratis. Momen buah gratis ini disajikan di sela kunjungan Menteri Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT), Eko Putro Sandjojo, didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (17/7).

Pemkab Banyuwangi menyediakan puluhan hingga ratusan kilo buah segar seperti jeruk, buah naga, jambu, salak, semangka dan pisang. Menikmati buah gratis ini, disediakan setiap seremonial pembukaan Festival Agro Expo.

Pengunjung yang datang ke Agro Expo, bisa belajar mengenal lebih dari 300 jenis tanaman holtikultura dan pameran peternakan.

"Tahun lalu bikin bidang tanaman pangan, sekarang kami tunjukkan eksistensi petanian yang sesungguhnya," ujar Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan.

Sementara itu, Mendes PDT bersama Bupati Banyuwangi juga menikmati buah-buahan yang disediakan. Keduanya keliling mengitari areal persawahan seluas 2,5 hektare yang dipenuhi dengan berbagai tanaman sudah berbuah dan siap dipetik.

"Inovasi seperti ini sangat menginspirasi. Kami mengunjungi daerah-daerah yang sektor pariwisatanya bagus supaya bisa ditiru," kata dia.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Festival Agro Expo sengaja disajikan lebih matang. Sejak tiga bulan lalu, persiapan Agro Expo sudah dikerjakan sehingga bisa menjadi ruang belajar dan mengembalikan semangat bertani.

"Agro Expo yang kami adakan tidak hanya display aneka bibit atau buah-buahan seperti di tengah alun-alun. Tetapi ini langsung ditanam di sawah, sehingga bisa menjadi tempat berlibur sekaligus belajar," ungkapnya.

Kali ini, warga yang berkunjung bisa menikmati buah gratis. Selain dimakan di tempat, pengunjung rata-rata membawa tas dan mengisi penuh buah-buahan yang disajikan.

"Enak, bisa belajar mengenal jenis tanaman sambil makan buah segar. Apalagi minumnya dengan susu segar yang juga gratis," ujar Widi, salah satu pengunjung.

Agro Expo 2018 berlangsung selama sepekan sejak 14-21 Juli nanti. Pengunjung bisa datang dengan gratis, sejak pukul 09.00 - 21.00 WIB.

(ES/MUA)
  1. Pertanian
  2. Festival Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA