1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Mengagumi 'kecantikan' Desa Banjar dalam Video Banjar Short Escape

"Selamat datang di Desa Banjar, bagian kecil Banyuwangi yang memiliki rasa manisnya sendiri," demikian petikan narasi dalam video.

Kecantikan Desa Banjar dalam sebuah video. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 10 Mei 2016 14:15

Saat Osing Culture Festival berlangsung di Desa Banjar Kecamatan Licin Sabtu hingga Minggu (7-8/5) kemarin, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas datang dan disambut dengan tarian Sadap Nira. Setelah itu, ada sajian nonton bareng video Discovery Desa Banjar karya Viki, putra Desa Banjar, lewat kelompok Banyucindih Creative.

Video yang diberi judul Banjar Short Escape ini sudah diupload di Youtube untuk memperkenalkan Desa Wisata Banjar. Dalam video berdurasi 3 menit 58 detik ini menampilkan seorang perempuan yang gelisah, bingung bagaimana menikmati waktu cuti kerja selama tiga hari. Dia lantas berkunjung ke Desa Banjar, dan ternyata sanggup mengusir rasa penat.

Ada pemandangan alam yang indah, petani berangkat ke sawah, melihat warga menyadap pohon aren hingga proses pembuatan gula, menikmati sajian kuliner tradisional Banjar dan masih banyak lagi.

"Selamat datang di Desa Banjar, bagian kecil Banyuwangi yang memiliki rasa manisnya sendiri. Menjadi tempat untuk menyadarkan semua lelah, tempat terbaik untuk melarikan diri dari kecemasan dan kegelisahan. Lupakan rutinitas sejenak, nikmati saja keheningan dan ketenangan yang disediakan," sebuah petikan narasi dalam video tersebut.

Saat nonton bareng bersama masyarakat, dalam Oseng Culture Festival, Bupati Anas awalnya mengira video yang disajikan yakni Discovery Banyuwangi yang sudah pernah dia tonton. Ternyata bukan, ada upaya dari pemuda Desa Banjar untuk mengenalkan potensi desanya melalui video pendek. Apalagi, semua aktor dalam video dan semua produksi merupakan para pemuda Banjar sendiri.

"Video karya Viki ini, dia lulusan ISI Jogja, dia termasuk mendapatkan juara apresiasi film dari Kemendikbud. Awalnya saya pikir mau nyetel Discovery Banyuwangi. Karena bagi saya enggak perlu. Ternyata ada Discovery Banjar, dan tampilannya bagus. Hebat lagi artisnya dari Banjar. Produksi dari bawah, dari masyarakat," tutur Anas.

Video yang merangkum kecantikan Desa Banjar ini berupaya mengenalkan dan memajukan desanya. Enggak percaya? Cek videonya di sini:

(MT/MUA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA