1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

BPBD minta warga waspadai gelombang tinggi di wilayah Jawa Timur

Kondisi ini berbahaya bagi nelayan yang akan melaut serta masyarakat yang sedang berlibur di pesisir pantai Selatan Jawa, termasuk Banyuwangi.

Ilustrasi hujan deras. ©2016 Merdeka.com Editor : Farah Fuadona | Sabtu, 16 Juli 2016 10:19

Merdeka.com, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat serta angin kencang di wilayah Jawa Timur serta gelombang tinggi di pesisir selatan Jawa Timur. "Berdasarkan analisa BMKG beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di wilayah Jawa Timur," menurut postingan gambar di Twitter resmi milik BPBD Jawa Timur.

Dalam akunnya @bpbd_jatim, masyarakat diimbau agar hati-hati akan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, longsor, genangan dan pohon tumbang. Terutama para pengguna dan operator jasa transportasi darat dan laut untuk mengutamakan keselamatan.

BPBD Jatim pengumuman gelombang laut tinggi di perairan Selatan Jawa
© 2016 merdeka.com/Twitter @bpbd_jatim


Untuk jalur laut, analisa BMKG menyebutkan akan terjadi gelombang laut setinggi 2-4 meter di perairan Selatan Jawa hingga Sumba. Kondisi ini cukup berbahaya bagi nelayan yang akan melaut dan masyarakat yang sedang berlibur di sekitar pantai, antara lain di wilayah Pantai Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Malang, Blitar, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Masyarakat diminta tetap wasapada dan hati-hati, karena gelombang laut di pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat menjelang sore hingga malam hari.

(FF)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA