1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Festival Sedekah Oksigen telah menanam 6,7 juta pohon di Banyuwangi

"Ini merupakan cara Banyuwangi agar swadaya masyarakat menanam pohon itu tinggi," ujar Anas.

Bupati Anas dalam Festival Sedekah Oksigen. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Senin, 05 Februari 2018 14:24

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengawali agenda festival dengan menggelar Festival Sedekah Oksigen dan Jeding Rijig. Selama digelar dua kali dalam dua tahun terakhir, Festival Sedekah Oksigen telah menyumbang 6,7 juta pohon yang ditanam di Banyuwangi.

Kali ini, Festival Sedekah Oksigen kembali digelar dan akan berlangsung selama satu tahun, melibatkan pemerintah tingkat kecamatan, desa, dan masyarakat di setiap kegiatannya.

"Ini untuk menambah oksigen. Sekarang aja, yang hasil swadaya masyarakat sudah ada 6,7 pohon. Ini merupakan cara Banyuwangi agar swadaya masyarakat menanam pohon itu tinggi," ujar Anas dalam pembukaan Festival Sedekah Oksigen di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Senin (5/2).

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat diajak menanam pohon seperti jenis trembesi di sepanjang jalan. Selanjutnya, setiap kegiatan di tingkat desa dan kecamatan di Banyuwangi, bakal disertai dengan aksi penanaman pohon.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Chusnul Khotimah membenarkan, data pohon yang tercatat sudah tertanam sementara ini tepatnya ada 6.770.000 pohon, dengan pembagian rata-rata 3,5 juta pohon per tahun. Bahkan, kata Chusnul, bisa lebih, karena antusias keterlibatan masyarakat untuk menanam.

"Kalau tahun kemarin juga melibatkan pondok pesantren. Terakhir kali di kaki Gunung Raung. tapi sebenarnya lebih yang belum tercatat, banyaknya masyarakat yang menyumbang," katanya.

(MT/MUA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA