1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Khatam 5.279 kali, Bupati Anas tutup Semaan Alquran di Banyuwangi

"Kita sudah mengkhatamkan Alquran 5.279 kali. Ini bukan banyak-banyakan, tapi mencari ridho Allah," kata Bupati Anas.

Semaan Alquran di Banyuwangi . ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Senin, 09 Mei 2016 10:00

Merdeka.com, Banyuwangi - Usai mengkhatamkan 30 juz ayat suci Alquran 5.279 kali selama dua hari berturut-turut, Khotmil Quran: Nusantara Banyuwangi Mengaji resmi ditutup Bupati Abdullah Azwar Anas, Minggu malam (8/5).

Semaan Alquran oleh 1.000 hafidz (penghafal Alquran) di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabha Swagata Blambangan itu ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh KH Zakariya.

Sebelum doa bersama, para jamaah diajak melantunkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan salawatan. Baru kemudian ditutup dengan doa Khotmil Quran.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, M Arif Wibowo yang baru saja menggelar pertemuan dengan Bupati Anas terkait suport kepariwisataan sesuai instruksi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

‎Kemudian anggota DPR, Nihayatul Wafiroh, tokoh agama, ormas, serta jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Banyuwangi. "Kita sudah mengkhatamkan Alquran 5.279 kali. Ini bukan banyak-banyakan, tapi mencari ridho Allah," kata Bupati Anas.

Suami Ipuk Fiestiandani ini juga mengatakan, gelar Khataman Alquran ini sebagai wujud syukur masyarakat Tanah Blambangan atas berkah Allah selama lima tahun terakhir.

"Para hafidz ini kan hamba yang paling dekat dengan Allah, tentu doa-doa mereka lebih didengar. Mereka yang hafal Alquran dari gunung-gunung kita datangkan di pendopo ini. Semoga dengan Khataman Quran ini, Banyuwangi bisa lebih mendapat berkah dan manfaat dari pengajian ini, termasuk Bangsa Indonesia pada umumnya," ucapnya.

Anas juga berjanji, ke depan, acara khataman ini akan menjadi agenda penting bagi Pemkab Banyuwangi. Karena menurut dia, pemerintahan tanpa kekuatan doa tidak akan bermanfaat bagi umat. "Doa dan khataman ini adalah salah satu instrumen utama untuk menyejahterakan warga Banyuwangi," tegas Anas.

Gelar Khotmil Quran yang digelar serentak di seluruh daerah di Bumi Blambangan ini, sudah mulai digelar sejak Selasa hingga Rabu lalu‎ di seluruh kantor, mulai dari Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kecamatan, kelurahan, puskesmas, sekolah-sekolah dan masjid-masjid.

Kemudian pada puncak acara, yaitu Sabtu dan Minggu, acara Semaan Alquran ini digelar di Pendopo Kabupaten Banyuwangi dengan menuntaskan 30 juz selama 3.000 khataman. Namun para jamaah berhasil mengkhatamkan 5.279 kali di hari terakhir.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA