1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Lalare Orkestra bakal tampil di Ijen Summer Jazz III

Lalare Orkestra terdiri dari ratusan siswa sekolah yang dapat memainkan beragam alat musik tradisional dengan repertoar musik daerah dan pop.

Ijen Summer Jazz. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Senin, 17 Oktober 2016 15:04

Merdeka.com, Banyuwangi - Ijen Summer Jazz bakal digelar pada akhir pekan ini. Acara ketiga kali ini merupakan acara terakhir dalam serangkaian Jazz Gunung 2016. Pada Sabtu mendatang, sederet artis jazz papan atas Indonesia akan tampil di panggung terbuka Jiwa Jawa Resort Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Sejumlah nama artis jazz kawakan seperti Harvey Malaihollo, Balawan & Batuan Ethnic Fusion, Shadow Puppets akan berunjuk gigi di atas ketinggian antara 425-650 mdpl. Selain menampilkan artis-artis nasional yang telah malang-melintang di dunia musik jazz tanah air, Ijen Summer Jazz menghadirkan kolaborasi dengan seniman lokal.

Pada Ijen Summer Jazz pertama, Nita Aartsen berkolaborasi dengan Supinah, pesinden legendaris Banyuwangi. Sedangkan pada pergelaran kedua, KUA Etnika pimpinan Djaduk Ferianto juga berkolaborasi dengan seniman-seniman Banyuwangi.

Kolaborasi seperti ini menjadi hal wajib bagi Jazz Gunung Indonesia. Sebab selain sebagai penghubung antara kearifan lokal dengan musik jazz itu sendiri, sekaligus sebagai ajang promosi bagi kebudayaan setempat. Hal ini sejalan dengan semangat yang terkandung dalam musik jazz, yaitu upaya manusia untuk memerdekakan dirinya. Termasuk tidak adanya sekat antara musik modern atau tradisional.

Pada Ijen Summer Jazz tanggal 22 Oktober mendatang, kolaborasi selanjutnya menampilkan Lalare Orkestra. Yaitu sebuah kelompok musik yang beranggotakan lebih dari 100 anak dari berbagai SD dan SMP di Banyuwangi. Lalare Orkestra memainkan beragam alat musik tradisional seperti gendang, rebanadan angklung dengan repertoar berasal dari musik daerah Banyuwangi, pop, blues dan dangdut.

Meski baru dibentuk pada tahun 2015 lalu, Lalare Orkestra telah tampil di berbagai acara di Banyuwangi dan berhasil mendapat penghargaan tingkat dunia dari Pacific Asia Travel Association (PATA) untuk kategori Heritage and Culture. PATA adalah asosiasi pariwisata yang terdiri dari 970 organisasi kepariwisataan, 100 maskapai penerbangan, 150 institusi pendidikan/pusat kajian wisata dan ribuan perusahaan pariwisata.

Tiket Ijen Summer Jazz III bisa didapatkan di www.jazzgunung.com, Jiwa Jawa Resort Ijen, Hotel Santika Banyuwangi, Banyuwangi-Mall.com, Tiketku.id, Loket.com, Tiket.com, Indah Bali Tour, Pesona Ijen Tour & Travel dan Vis FM Banyuwangi.
 

(FF/SR)
  1. Info Banyuwangi
  2. Festival Banyuwangi
  3. Jazz Festival
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA