1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Lima negara bakal ramaikan ajang International BMX 2018

Ajang internasional BMX yang akan berlangsung di sirkuit Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi bakal menyajikan hal berbeda.

Ajang International BMX 2018. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 10 Juli 2018 13:13

Merdeka.com, Banyuwangi - Ajang Banyuwangi International BMX Competition, akan digelar pada akhir pekan ini, 14-15 Juli 2018. Ratusan peserta dalam negeri bakal berkompetisi dengan puluhan atlet dari lima negara antara lain, Malaysia, Jepang, Thailand, Australia dan Amerika Serikat.

Kepala Bidang Olahraga, Dispora Banyuwangi, Alfin Kurniawan mengatakan, para peserta dari luar negeri dan Timnas Indonesia, sudah mulai datang ke Banyuwangi.

"Total peserta sementara ini ada dari 5 negara yang ikut serta. Dari Jepang kemarin datang satu, nanti kamis ada lagi yang datang satu. Hari ini ada 5 orang Timnas yang datang, mereka menginap di hotel El-Royale," ujar Alfin saat dihubungi, Selasa (10/7).

Ajang internasional BMX ini, dibagi dalam regional dan internasional, dengan 16 kelas, mulai dari challenge boys, challenge girls, challenge men, junior men dan women, serta elite men dan women. Hingga saat ini, kata Alfin, total peserta yang bakal ikut serta berjumlah 283 orang, sementara 28 peserta di antaranya merupakan atlet BMX dari luar negeri.

"Ada Jepang, Australia, Amerika, Thailand dan Malaysia, total peserta keseluruhan dengan atlet dalam negeri ada 283 orang. Mulai besok Timnas sudah mulai latihan. Untuk latihan resmi dimulai hari Kamis dan Jumat. Kesiapan Sirkuit sudah siap 99 persen, tinggal pengecetan dan memasang tulisan aja," kata dia.

Ajang internasional BMX yang akan berlangsung di sirkuit Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi ini, kata Alfin, bakal menyajikan hal berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kali ini, pihaknya bakal menyajikan peserta challenge man kategori master di atas usia 30 tahun.

Tidak hanya itu, penonton juga bakal dihibur dengan penampilan pebalap cilik usia 4-5 tahun. Para pebalap cilik tersebut akan berlomba dengan sepeda tanpa kayuh (push bike). Sepeda yang digunakan hanya akan dinaiki dan didorong menggunakan kakinya masing-masing.

"Sepedahnya tidak dikayuh, itu yang akan dilombakan, Indonesia lumayan juga ngomongin push bike, dari Bondowoso kemarin juara di Malaysia," kata dia.

Timnas Indonesia seperti Tony Syafrudin, Bagus Saputra, Rio Akbar, Wiji Lestari dan Cupi Novianti juga dikabarkan bakal hadir untuk memeriahkan Banyuwangi International BMX. Para atlet Timnas bakal memanfaatkan ajang ini sebagai persiapan mengikuti Asian Games 2018.

Sementara Dari 28 peserta luar negeri yang bakal hadir, satu peserta asal Australia, Jordan Callum merupakan juara dunia BMX kategori challange junior tahun 2018.

"Dari Australia nanti ada Jordan Callum, dia berusia 14 tahun pemenang world champhionships," ungkapnya.

Banyuwangi International BMX Competition telah masuk kalender rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Ajang ini sudah rutin digelar sejak tahun 2015.

(ES/ES)
  1. International BMX Competition
  2. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA