1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Indonesia sabet Junior Women di hari pertama Banyuwangi International BMX 2018

Sementara, posisi pertama kelas elite men direbut pembalap timnas Jepang, Tatsumi Matsushita.

Junior Women di hari pertama Banyuwangi International BMX 2018. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Sabtu, 14 Juli 2018 21:38

Merdeka.com, Banyuwangi - Pembalap Indonesia, Wiji Lestari menjadi satu-satunya tim nasional (timnas) Indonesia yang menempati peringkat teratas pada hari pertama Banyuwangi International BMX Competition 2018, Sabtu (14/7) di Sirkuit Muncar. Sementara, posisi pertama kelas elite men direbut pembalap timnas Jepang, Tatsumi Matsushita.

Wiji berhasil memasuki garis finish pertama di kelas junior women. Ia menyisihkan dua pembalap Malaysia, Natasha Basri dan Shahirah Hasyim. Wiji adalah pembalap muda yang digadang sebagai pengganti sang mega bintang Elga Kharisma di Asian Games 2018 nanti.

Namun, keberhasilan Wiji tidak diikuti empat pembalap lain yang terdaftar sebagai tim nasional Indonesia pada ajang ini. Cupi Novianti hanya finish kedua pada nomor elite women.

Pembalap asal Jawa Barat (Jabar) tersebut finish di bawah atlet nasional Thailand Amanda Carr. Amanda adalah peraih medali emas pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea. Sementara posisi ketiga direbut Noor Quraataina asal Malaysia.

Indonesia juga gagal merebut tempat pertama pada nomor elite men. Tiga pembalap Indonesia, yakni Toni Syarifudin, I Gusti Bagus Saputra dan Rio Akbar sama-sama gagal finish terdepan.

Toni dan Rio hanya mampu finish pada ranking kedua dan ketiga. Sedangkan Gusti Bagus finish di posisi ketujuh. Posisi pertama direbut pembalap tim nasional Jepang Tatsumi Matsushita.

Head coach tim balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Purnomo menjelaskan bahwa Banyuwangi International BMX Competition 2018 merupakan persiapan terakhir sebelum bermain di Asian Games 2018, Agustus-September nanti.

Dadang menambahkan bahwa event ini adalah tolak ukur terakhir bagi tim BMX Indonesia sebelum menentukan empat pembalap terbaik yang akan bermain di Asian Games. Selain itu, Indonesia juga berkesempatan mengintip kekuatan rival.

"Pesaing kami di BMX adalah Jepang dan Filipina," kata Dadang. Dadang menambahkan, ada dua pembalap elite Jepang yang menjadi calon pesaing Indonesia di Asian Games. Mereka adalah Tatsumi dan Kohei Yoshi.

(MT/MT)
  1. International BMX Competition
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA