1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Menteri Pariwisata minta Kemenhub sediakan slot time penerbangan Bali-Banyuwangi

"Saya tahu di Bali itu, untuk (jenis pesawat) ATR atau semacamnya agak dikurangi," kata Arief.

Jenis Pesawat ATR di Bandara Banyuwangi. ©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Minggu, 10 Juni 2018 19:42

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan slot time untuk penerbangan langsung rute Banyuwangi-Bali. Dia mengatakan hal itu untuk mendukung paket wisata ke Banyuwangi untuk peserta Pertemuan International Monetary Fund (IMF) World Bank di Bali Oktober mendatang.

Targetnya realisasi penerbangan Banyuwangi-Bali terlaksana Juli 2018 sehingga operasional benar-benar berjalan lancar saat acara IMF. Arief mengatakan Bandara Banyuwangi memiliki banyak slot luang, sedangkan di Bandara Internasional Ngurah Rai yang perlu diupayakan.

"Saya tahu di Bali itu, untuk (jenis pesawat) ATR atau semacamnya agak dikurangi. Tapi kan ini ada misi khusus agar peserta World Bank bisa berkunjung ke Banyuwangi. Saya harap temen-temen di Kemenhub bisa menyediakan slot waktu di Denpasar," kata Arief setelah landing di Bandara Banyuwangi, Minggu (10/6).

Sementara itu maskapai penerbangan yang menggarap rute ini adalan NAM Air yang merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air. Mereka merencanakan ambil jadwal penerbangan Bali ke Banyuwangi pukul 18.00 WIB dan kembali ke Bali keesokan pagi.

"Memang saat ini kita terkendala slot time yang ada di Bali. Untuk planning jamnya itu dari Denpasar sore hari atau malam hari. Jadi satu paket bisa one day tour ke Ijen," kata Manajer NAM Air Banyuwangi, I Gde Chrisna.

Dia mengatakan wisatawan mancanegara dari Bali bisa mengikuti penerbangan terakhir sore hari, lalu menuju puncak Ijen, dan bisa langsung kembali ke Bali keesokan pagi. Dia mengatakan dengan jadwal itu, pihaknya optimis okupansi penumpang akan sampai di angka 90 persen.

"Terbang dari Banyuwangi ke Bali bisa diisi pekerja. Sedangkan penerbangan sore dari Bali ke Banyuwangi diisi wisatawan yang menuju destinasi utama Banyuwangi, yakni Puncak Ijen," katanya lagi.

(MT/MT) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA