1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Pemkab Banyuwangi gandeng BCA kembangkan wisata di kaki Gunung Ijen

"Sekarang, Gunung Ijen sudah banyak dikunjungi wisatawan," kata Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko.

Wakil Bupati Banyuwangi dan perwakilan BCA . ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Kamis, 19 Mei 2016 19:43

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, meresmikan Desa Wisata Taman Sari, Kecamatan Licin, Kamis sore (19/5). Desa di kaki Gunung Ijen, yang terkenal dengan fenomena Blue Fire-nya ini merupakan salah satu desa wisata binaan di Tanah Osing (Using).

Menurut Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko, peresmian Desa Wista Taman Sari merupakan kegiatan CSR (corporate social responsibility) antara Pemkab Banyuwangi dengan Bakti BCA Pilar Solusi Bisnis Unggul.

Untuk itu, politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengapresiasi Bank BCA yang telah ikut membantu pengembangan wisata di sana.

Dalam sambutannya, Yusuf Widiyatmoko mengatakan sejak kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas Banyuwangi terus berbenah.

Dan hasilnya, kata Yusuf, Tanah Blambangan yang dulu hanya sekadar dijadikan tempat menumpang 'toilet' banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Saat ini, di bawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, Banyuwangi terus menggenjot potensi wisata yang ada. Sekarang, Gunung Ijen sudah banyak dikunjungi wisatawan," kata Yusuf dalam sambutannya.

Tak hanya Gunung Ijen, kata dia, lokasi-lokasi wista lain di Banyuwangi sudah mulai dikenal banyak turis. Sebut saja Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau (G-Land), Pantai Wedi Ireng dan sebagainya.

"Saat long week end selama empat hari kemarin, di Gunung Ijen saja banyak sekali pengunjung datang. Bahkan ada yang tidak sampai di sana, karena sangking padatnya pengunjung," ujarnya.

Karena dampak wista yang terus berbenah ini, perekonomian Banyuwangi semakin meningkat. "Saat ini, angka kemiskinan di Banyuwangi sudah menurun. Mudah-mudahan, seperti harapan Pak Bupati (Anas), Banyuwangi bisa zero (nol) kemiskinan," tuturnya.

‎Di tempat sama, Kepala Kantor Wilayah VII BCA Malang Djoko Rosmiatun berharap dengan kerja sama ini infrastruktur di Banyuwangi bisa lebih maju lagi untuk menunjang kepariwisataan di Desa Taman Sari.

"Ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Melalui pengembangan potensi wisata di Desa Taman Sari ini, bisa lebih banyak mengundang wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri," kata Djoko.

Djoko menjelaskan, selain peresmian tersebut, BCA juga meresmikan Warung Serbaguna. "Warung ini didesain seperti Rumah Osing yang dilengkapi dengan Tourist Information," katanya.

Namun, masih kata Djoko, sebelum meresmikan Desa Wisata Taman Sari, BCA lebih dulu menggelar Benchmarking dengan para pengurus di tiga desa, yaitu Desa Taman Sari, Penting Sati, dan Bejiharjo.

Kemudian BCA juga memberikan donasi Rp 125 juta kepada Banyuwangi Sea Turtle Fondation yang digunakan untuk membiayai kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) di Pantai Boom.

(MT/MA)
  1. Info Banyuwangi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA