1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Wedi Ireng, pantai berpasir putih di ujung timur pulau Jawa

Ternyata ada kisah di balik pasir berwarna putih di sepanjang pantai yang memiliki pemandangan cantik ini.

Pantai Wedi Ireng. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Senin, 18 April 2016 14:10

Merdeka.com, Banyuwangi - Bagi Anda pecinta keindahan pantai. Ada satu destinasi yang patut dijadikan weekend list, yaitu Pantai Wedi Ireng di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Wedi Ireng dalam bahasa Jawa yang berarti Pasir Hitam. Walau bernama pasir hitam tetapi pasir pantai di Wedi Ireng warnanya putih. Usut punya usut ternyata ada kisah di balik pasir berwarna putih di sepanjang pantai yang memiliki pemandangan cantik ini.

Pantai Wedi Ireng
© 2016 merdeka.com/Suci Rachmaningtyas




Menurut catatan sejarah, dulu pada 2 Juni 1994 telah terjadi gelombang Tsunami yang melanda di tiga desa di Pesanggaran, yaitu desa Pancer, Lampon, dan Rajegwesi.

Gelombang Tsunami yang terjadi pada pukul 2 dini hari tersebut turut membawa pasir dari dasar lautan ke daratan, dan mengubah warna pasir di pantai dari hitam menjadi putih. Namun pasir hitam tidak sepenuhnya hilang, pengunjung tetap bisa menemui beberapa sisi pantai berpasir putih dengan semburat pasir hitam.

Untuk mencapai ke Wedi Ireng, pengunjung akan melalui jalur yang sama jika akan ke pantai Pulau Merah. Setelah sampai di pintu masuk pantai Pulau Merah, ambil arah kanan menuju Pantai Mustika atau pelabuhan nelayan Pancer.

Dari pesisir kedua pantai tersebut, wisatawan bisa memilih dua alternatif untuk menuju pantai Wedi Ireng. Naik perahu atau tracking melewati bukit, waktu tempuhnya sama sekitar 20 hingga 30 menit.

Pantai Wedi Ireng
© 2016 merdeka.com/Suci Rachmaningtyas




Namun pengunjung akan merasakan sensasi yang sangat berbeda untuk mencapai Pantai Wedi Ireng. Jika pengunjung memilih untuk menaiki perahu, pemandangan perbukitan dan tebing yang diterjang ombak akan menjadi suguhan menarik. Deburan ombak juga menjadi pengalaman yang memacu adrenalin. Satu perahu yang disewakan maksimal bisa menampung 10 wisatawan. Pengunjung akan dikenai tarif sekali antar Rp 25.000 per orang.

Namun jika Anda tertarik untuk melalui jalur tracking. Ketika sudah di puncak bukit, Anda akan menikmati karakteristik pemandangan pesisir pantai selatan. Rasa letih yang melanda akan terbayar dengan suguhan keindahan pantai Wedi Ireng dengan air berwarna hijau tosca.


Terlebih lagi jika capai melanda, semua itu akan terbayar dengan keindahan pantai Wedi Ireng dengan air berwarna hijau tosca.

(FF/SR)
  1. Wisata Pantai
  2. Ulasan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA