1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Boom Marina Banyuwangi, proyek pelabuhan wisata terbesar di Indonesia

Pengembangan Pelabuhan Marina di Pantai Boom ini nanti, akan terintegrasi dengan Pelabuhan Beno di Bali dan Labuhan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Pantai Boom . ©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Selasa, 24 Mei 2016 12:34

Pertengahan 2017 mendatang, Banyuwangi akan memiliki pelabuhan khusus kapal pesiar (yacht) terbesar di Indonesia, yaitu Pelabuhan Boom Marina Banyuwangi. Proyek pelabuhan wisata ini, dibangun oleh PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) III di Pantai Boom, Kecamatan Banyuwangi Kota.  

Proyek Wisata Boom Marina Banyuwangi nantinya akan memiliki dermaga dengan beragam fasilitas pendukung pariwisata yang cukup mewah, seperti zona marina, residensial, dan rekreasi.

Boom Marina Banyuwangi juga diharapkan bisa menjadi bagian penting dalam jaringan marina dunia, sekaligus promosi wisata bahari lokal di mata internasional, serta menambah pilihan destinasi wisata alam di Indonesia.

Saat launching proyek pembangunan wisata bahari pada September 2015 lalu, Dirut PT Pelindo III, Djarwo Surjanto mengatakan, proyek pelabuhan wisata ini akan dibangun di lahan seluas 44,2 hektar di Pantai Boom.

Gerbang masuk pelabuhan Boom
© 2016 merdeka.com/Mochammad Andriansyah



Proyek Boom Marina Banyuwangi juga disertai kegiatan Pemkab Banyuwangi yang agresif dan semangat mempromosikan destinasi wisatanya, seperti wisata Gunung Ijen, Pulau Merah dan lain sebagainya. "Konsep pembangunan pelabuhan modern menonjolkan kearifan lokal dan ramah lingkungan," kata Djarwo kala itu.

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku pengembangan Pelabuhan Marina di Pantai Boom ini nanti, akan terintegrasi dengan Pelabuhan Beno di Bali dan Labuhan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan ke depannya juga akan terhubung dengan lokasi lain yang memiliki potensi lebih besar atau pun potensial, seperti misalnya Karimun Jawa yang terkenal juga dengan wisata pantainya serta Lombok dan Tenau Kupang.

Menurut Anas dengan pengembangan infrastruktur dan fasilitas lainnya pada wisata bahari yang terintegrasi ini, akan membuat potensi rute pelayaran di Indonesia menjadi lebih optimal. "Hal ini juga berpengaruh dalam pengelola baik dari segi keuntungan atau profit maupun semua yang mengacu pada pengembangan kawasa dan kreativitas warga," kata Anas.

Berikut video proyek wisata Boom Marina Banyuwangi yang dipublikasikan PT Pelindo III.

Pantai Boom . ©2016 Merdeka.com
(FF/MA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA