1. BANYUWANGI
  2. GAYA HIDUP

Bikin vlog di media sosial, cara Anas promosikan IKM Banyuwangi

"Kalau ke Banyuwangi naik pesawat jangan lupa mampir ke Blimbingsari Craft," kata Anas dalam vlog-nya.

Anas saat berkunjung ke perajin Batik Srikandi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Rabu, 22 November 2017 12:44

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas punya cara unik untuk membantu promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di Banyuwangi. Anas memulai dengan cara mendatangi langsung IKM dan membuat video vlog yang bakal diunggah melalui media sosial instagram.

Pertama, Anas berkunjung ke industri kreatif Blimbingsari Craft yang telah memproduksi berbagai kerajinan kalung, sabuk, anting hingga gelang tangan berbahan manik-manik. Setelah melihat-lihat, sambil ngobrol santai dengan pemilik, dia langsung membuat video vlog.

"Saya akan vlog hari ini supaya yang lihat banyak. Saya kemarin kan nge-vlog pindang koyong kepala ikan di warung biru. Yang nonton sudah 15 ribu. Hampir semua politisi nanya, dimana warung biru itu. Nah, saya akan ngevlog ini, dan kami berfungsi untuk memasarkan dan mempromosikan," ujar Anas sebelum membuat vlog, Selasa (21/11).

Dalam video vlognya yang bakal di-upload, Anas menyampaikan bagi wisatawan yang turun atau akan berangkat dari Bandara Banyuwangi bisa mampir ke Banyuwangi Creatif Craft untuk memesan oleh-oleh, karena lokasinya dekat dengan bandara. "Sekarang saya datang ke Blimbingsari kreatif, ini sudah diekspor ke Perancis, Spanyol dan sudah biasa dibeli orang di Bali. Kalau ke Banyuwangi naik pesawat jangan lupa mampir ke Blimbingsari Craft," jelas Anas saat memproduksi video.

Selanjutnya, Anas berkunjung ke perajin Batik Srikandi yang juga berada di area Bandara Banyuwangi. Lagi-lagi Anas kembali membuat video vlog bersama para siswa SMK jurusan batik di Banyuwangi yang sedang praktik membuat motif gajah uling.

"Saya datang ke sini ingin melihat kemampuan Anak-anak yang luar biasa. Ini adalah contoh batik motif gajah uling yang tumbuh dan berkembang, trennya juga terus diperbaharui oleh Anak-anak," jelas Anas.

Terakhir, Anas mengunjungi beragam produk kopi, cokelat dan batik khas Banyuwangi yang dikemas rapi oleh Coco Corner di Jl Jaksa Agung Suprapto, Banyuwangi. Lokasinya yang ada di dalam, Anas akan menghubungkan dengan start-up dengan UMKM, agar ada dukungan pembiayaan dan promosi digital.

"Kolaborasi dengan startup fintech, ke depan bisa ada pembiayaan dari sisi teknologi maupun pemasaran. Tanpa itu UMKM kita tidak bisa secepat itu. Dengan ini mereka tetap bisa terpasarkan, meskipun lokasinya ada di dalam," ujarnya.

Bila ingin memantau vlog Anas untuk memasarkan kuliner hingga produk UMKM lokal bisa dipantau melalui akun Instagramny miliknya @azwaranas.a3 termasuk video vlog kuliner Pindang Koyong Kepala Ikan yang sudah diupload dan telah ditonton lebih dari 28 ribu kali.

(FF/MUA)
  1. Media sosial
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA